KLHK Provinsi Papua Bersiaga

Minggu, 28 April 2019

Jayapura, 26 April 2019. Balai Besar KSDA Papua bersama UPT KLHK Provinsi Papua, yang terdiri dari BPHP Wilayah XV Jayapura, BPKH Wilayah X Jayapura, BPDAS Memberamo, dan Seksi Wilayah III Gakkum Jayapura, melaksanakan kegiatan Latihan Evakuasi Mandiri Bencana pada Jumat (26/4). Peserta kegiatan terdiri atas karyawan dan karyawati UPT KLHK Provinsi Papua dan Saka Wanabhakti. Adapun instruktur adalah ahli dari Badan Nasional Penanggunalangan Bencana Papua Provinsi Papua.

Pelaksanaan kegiatan ini didasarkan pada Surat Edaran Sekretariat Jenderal KLHK Nomor: SE.7/Setjen/Roum?Set.0/3/2019 tentang Latihan Evakuasi Mandiri Bencana. Tujuannya membangun kesadaran dan kewaspadaan jajaran Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion (P3E) dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) lingkup KLHK terhadap bencana.

Dalam surat edaran tersebut diterakan lima jenis latihan evakuasi bencana,  yang pelaksanaannya ditentukan berdasarkan kerawanan di wilayah masing-masing P3E dan UPT KLHK. Dalam hal ini, UPT KLHK Provinsi Papua melaksanakan latihan evakuasi mandiri untuk bencana gempa bumi, mengingat beberapa waktu ini Papua, khususnya Kota Jayapura, termasuk rawan terjadi gempa bumi, meskipun dalam skala kecil.

Dalam situs Riset Pascasarjana ITB, sebuah tulisan yang dirilis pada 19 Januari 2017 menyatakan, Papua merupakan daerah dengan kondisi geologi yang rumit akibat pertemuan beberapa lempeng. Setidaknya terdapat empat lempeng yang saling berinteraksi hingga saat ini, yaitu Lempeng Pasifik, Eurasia, Filipina, dan Australia. Hal ini membuat Papua rentan terhadap gempa. Kepala Bagian Tata Usaha Balai Besar KSDA Papua, Abdul Azis Bakry, S. Hut., M. Si., mengatakan, "Latihan evakuasi bencana ini penting, mengingat Papua cukup rentan terhadap bencana. Kita di lingkup UPT KLHK dan masyarakat umum wajib memiliki pengetahuan yang baik terhadap bencana, memahami praktik evakuasi, juga langkah-langkah mitigasinya."

Peserta kegiatan terdiri atas karyawan dan karyawati UPT KLHK Provinsi Papua dan Saka Wanabhakti. Adapun instruktur kegiatan adalah ahli mitigasi bencana dari Badan Nasional Penanggunalangan Bencana Papua Provinsi Papua.

Di akhir kegiatan, semua peserta melakukan deklarasi yang dipimpin Kepala BPHP wilayah XV. "Kita ingin selamat. Kita jaga alam, alam jaga kita. Seluruh karyawan dan karyawati UPT KLHK Provinsi Papua bersiaga. Kitorang siap untuk selamat."

Sumber : Balai Besar KSDA Papua

Call Center Balai Besar KSDA Papua : 0823 - 9802 - 9978

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini