Lagi, Penguatan Kapasistas Walidata SMART BBTN Bentarum

Minggu, 21 April 2019

Putussibau, 21 April 2019. Sebagai bagian proses dari Implementasi Spatial Monitoring and Reporting Tools (SMART), Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (BBTN Bentarum) kembali melakukan penguatan kapasitas walidata Spatial SMART dengan melakukan Pelatihan Analisis Data dan Pelaporan Sistem SMART Resort Based Management (RBM). Kegiatan dilakukan di Kantor Balai, Putussibau selama tiga hari terhitung mulai tanggal 19-21 April 2019. Peserta yang mengikuti pelatihan merupakan Walidata SMART BBTN Bentarum yang telah ditunjuk sebanyak 11 Orang, terdiri dari walidata Seksi Pengelolaan Taman Nasional, Bidang Pengelolaan Taman Nasional dan Balai Besar. Sedangkan pemateri berasal dari Pokja SMART RBM Nasional yaitu Laurio Leonald.  

Spatial Monitoring and Reporting Tools (SMART) merupakan suatu sistem pengelolaan data kegiatan lapangan yang dikembangkan berdasarkan pengalaman praktis dan dirancang untuk membantu pengelolaan kawasan konservasi. Implementasi SMART RBM dalam pengelolaan kawasan konservasi berdasarkan Surat Edaran Dirjen KSDAE Nomor SE. 14/KSDAE/KK/KSA.1/11/2018 tanggal 6 November 2018. Arahan lebih lanjut mengenai implementasi SMART RBM disampaikan lebih lanjut oleh Direktur Kawasan Konservasi melalui surat nomor S..42/KK/PPKK.1/KSA.1/1/2019 tanggal 28 Januari 2019. BBTN Bentarum telah mengimplementasikan SMART sebagai sistem pengelolaan data kegiatan lapangan dengan melakukan beberapa tahapan kegiatan seperti melakukan Evaluasi Implementasi SMART TN Bentarum, Pengembangan Aplikasi SMART TN Bentarum, Inventarisasi dan Ekstraksi Data Laporan dan Peningkatan Kapasitas Walidata SMART yang telah dilakukan di Putussibau dan Resort Tekenang TN Danau Sentarum pada akhir bulan Februari 2019. Kegiatan pelatihan analis data dan Pelaporan Sistem SMART RBM ini merupakan tahap lanjutan dari implementasi SMART TN Bentarum.

Feri AM. Liuw, S. Hut. T., M. Sc, selaku Plh. Kepala Balai Besar TN Bentarum yang membuka acara pelatihan ini menyampaikan agar walidata SMART TN Bentarum mengikuti pelatihan ini dengan baik sehingga mampu menganalisis data hasil kegiatan lapangan menggunakan aplikasi SMART. Harapannya bahwa hasil analisa SMART ini sebagai bahan dalam penentuan kebijakan pengelolaan TN Bentarum sehingga menjadi efektif dan efisien. (Syarif MR)

Sumber : Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (BBTN Bentarum) 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini