TN Gunung Gede Pangrango Jadi Kawah Candradimuka Lagi

Sabtu, 13 April 2019

Cibodas, 13 April 2019. Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP), khususnya Bidang PTN Wilayah III Bogor kembali menjadi tuan rumah praktek lapangan kegiatan Pelatihan Penjenjangan Fungsional Polhut Tingkat Ahli Jenjang Madya Tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Pusat Diklat SDM Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Tujuan dari dilaksanakannya pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kapasitas pejabat fungsional Polisi Kehutanan (Polhut) KLHK dan Pemerintah Daerah.

Peserta berjumlah 40 orang berasal dari beberapa instansi kehutanan seluruh Indonesia. Pembukaan praktek lapangan dilaksanakan Senin, 8 April 2019 dibuka secara resmi oleh penanggungjawab program yaitu Bapak Novianto Bambang W. dan dihadiri oleh pejabat eselon III dan IV serta Kepala Resort lingkup Bidang PTN Wilayah III Bogor. Pada kesempatan ini Kepala Bidang III PTN Wilayah III Bogor, Dadang Suryana memaparkan tentang perlindungan dan pengamanan hutan, kemitraan konservasi pemberdayaan masyarakat, dan potensi wisata alam.

Untuk memenuhi mata diklat penyusunan rancangan kebijakan, evaluasi kebijakan, penyusunan program kerja serta konsultasi dan koordinasi maka pada Selasa, 9 April 2019 dilaksanakan kegiatan praktek lapangan yang berlokasi di Resort PTN Bodogol, Seksi Wilayah V, Bidang PTN Wilayah III Bogor. Dengan didampingi Widyaiswara dan petugas dari taman nasional para peserta melaksanakan praktek dengan tema penanganan kasus pada lokasi Batukarut – Desa Pasir Buncir; kerawanan kawasan akibat aktivitas masyarakat di daerah penyangga – Blok Ciwaluh Desa Watesjaya; pemanfaatan jasling tentang air – Desa Naggerang; dan pemanfaatan HHBK Lingkup Bidang PTN Wilayah III – KTH Wangun Jaya Desa Pasir Buncir.

Dari hasil praktek ditemukan fakta yang sangat bermanfaat dalam analisa untuk penentuan kebijakan pengelolaan. Mendiskusikan dan menindaklanjuti hasil temuan kegiatan praktek lapangan tersebut maka dilaksanakan acara Focus Group Disscussion (FGD) pada hari Rabu, 10 April 2019. Kegiatan ini mengundang pejabat eselon III, IV, dan Kepala Resort lingkup Bidang III TNGGP, Kapolsek Caringin, Danramil 2122 Ciawi Caringin, Danramil 2123 Cigombong Cijeruk, Camat Caringin, Camat Cicurug, Kades Pasir Buncir, Kades Watesjaya, Kades Wangunjaya, Ketua KTH Ciwaluh, ketua KTH Wangunjaya, dan Solahudin (Ketua Kader Konservasi).

Praktek lapangan pelatihan ini diakhiri pada Rabu, 11 April 2019 dan peserta kembali ke Pusat Diklat SDM Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk menyelesaikan kegiatan pembelajaran yang lainnya. Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan, keahlian, keterampilan, dan sikap untuk dapat melaksanakan tugas jabatannya secara profesional dengan dilandasi kepribadian dan etika ASN sesuai dengan kompetensi jabatannya. Selain itu diharapkan peserta mampu memantapkan sikap dan semangat pengabdian yang berorientasi pada pelayanan, pengayoman, dan pemberdayaan masyarakat. Jayalah Polhut Indonesia dan salam lestari!!!

Sumber : Rina Wulandari – Polisi Kehutanan Balai Besar TN Gunung Gede Pangrango

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini