BKSDA Kalteng Cek Keberadaan Orangutan Di Kumai Hulu

Jumat, 12 April 2019

Palangkaraya, 12 April 2019. Menindaklanjuti laporan warga Kumai An. Saptiyono terkait perjumpaan satwa liar dilindungi berjenis Orangutan di daerah kumai hulu, arah pelabuhan kalap kec. Kumai, pada hari Sabtu, 6 April 2019 silam, Tim Wildlife Rescue Unit (WRU) Seksi Konservasi Wilayah (SKW) II Balai KSDA Kalimantan Tengah telah melaksanakan groundcheck ke lokasi tersebut. Lokasi perjumpaan satwa berupa vegetasi tumbuhan akasia dan semak belukar serta terdapat danau bekas galian pasir.

Saat melaksanakan ground check ditemukan 3 buah sarang orangutan yang masih baru dan saat itu orangutan sempat terlihat oleh petugas, namun kemudian tim kehilangan jejak dikarenakan orangutan tersebut bersembunyi ke dalam hutan. Diperkirakan orangutan tersebut masih remaja. Tim WRU SKW II yang melakukan pemantauan kemudian menghimbau kepada pelapor untuk segera menghubungi petugas apabila orangutan tersebut kembali terlihat serta memantau orangutan tersebut agat tidak kehilangan jejak.

Orangutan sebagai satwa terancam punah punya peran penting dalam menjaga kelangsungan ekosistem hutan, Pembukaan lahan dan ekspansi tanpa batas membuat habitat mereka terancam. Kerjasama seluruh elemen masyarakat sangat diperlukan demi menjaga kelestarian orangutan serta ekosistem hutan untuk kehidupan manusia yang lebih baik.

Sumber : Balai KSDA Kalimantan Tengah

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini