Balai TN Bukit Baka Bukit Raya Laksanakan Pembentukan dan Penyegaran Masyarakat Mitra Polhut

Rabu, 10 April 2019

Sintang, 5 April 2019. Tugas perlindungan dan pengamanan hutan di kawasan Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya bukan hanya merupakan tugas dari Polisi Kehutanan, akan tetapi juga menjadi bagian dari masyarakat khususnya yang tinggal di sekitar kawasan. Melalui upaya perlindungan dan pengamanan hutan partisipatif dengan pemberdayaan masyarakat sekitar kawasan  diharapkan dapat membantu proses terjaganya kelestarian sumberdaya hutan, mengurangi dan mencegah perambahan, pencurian, penebangan tanpa izin dan penambangan illegal.

Agar peran serta masyarakat dalam bidang perlindungan dan pengamanan hutan dapat menyelesaikan permasalahan yang ada sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku dan sebagai wujud implementasi dalam upaya perlindungan dan pengamanan hutan dari gangguan dan ancaman yang berpotensi merusak kawasan TNBBBR, maka perlu dibentuk kelompok perlindungan dan pengamanan yang berbasis masyarakat yaitu Masyarakat Mitra Polisi Kehutanan (MMP). Dengan adanya Pembentukan dan Penyegaran Masyarakat Mitra Polisi Kehutanan ini kiranya dapat membantu tugas-tugas Polisi Kehutanan dan aparat terkait lainnya dalam upaya  perlindungan dan pengamanan hutan sehingga dapat berjalan dengan optimal demi kelestarian kawasan.

Untuk itu Balai Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya telah menyelenggarakan Kegiatan Pembentukan dan Penyegaran Masyarakat Mitra Polisi Kehutanan (MMP) yang dilaksanakan di Resort Rantau Malam wilayah kerja SPTN Wilayah I Nanga Pinoh, yang dilaksanakan pada tanggal 3 s/d 4 April 2019 bertempat di Dusun Minjai Permai, Desa Rantau Malam, Kecamatan Serawai, Kabupaten Sintang. Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk Masyarakat Mitra Polisi Kehutanan, meningkatkan peran dan partisipasi masyarakat dalam upaya perlindungan dan pengamanan hutan serta meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Masyarakat Mitra Polisi Kehutanan.

Acara ini dibuka langsung oleh Kepala Balai Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya,  Bapak Agung Nugroho, S.Si., M.A., dimana dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa “Dengan dibentuknya Masyarakat Mitra Polisi Kehutanan ini diharapkan dukungannya dan dapat membantu Balai dalam kegiatan perlindungan dan pengamanan kawasan hutan secara partisipatif agar fungsi kawasan Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya sebagai kawasan perlindungan sistem penyangga kehidupan dapat terjaga kelestariannya. Acara ini dihadiri pula pembukaan tersebut juga dihadiri oleh Kepala Kepolisian Sektor Serawai,  Kepala SPTN Wilayah I Nanga Pinoh, Kepala Desa Rantau Malam beserta perangkatnya dan Kepala Resort Rantau Malam.

 

Materi-materi yang disampaikan pada kegiatan ini adalah sebagai berikut : Perlindungan dan Pengamanan Hutan oleh Bapak Ipda. Rahmad Kartono, S.H., M.H (Kapolsek Serawai), Standar Operasional Prosedur MMP oleh Bapak Andhi Jumhadi Adji Saroyo, S.Sos (Kepala Resort Rantau Malam/POLHUT Balai TN Bukit Baka Bukit Raya), Search And Rescue (SAR) oleh Bapak Dudy Kurniawan, S.Hut., M.Sc.  (Staf Balai TN Bukit Baka Bukit Raya) serta Pengumpulan Data dan Pengenalan alat Navigasi GPS oleh Bapak Dodi Marsaidi (PEH BTNBBBR), dilanjutkan dengan praktek dari materi-materi tersebut meliputi Kesamaptaan, SAR, Pengumpulan Data dan Pengenalan Alat Navigasi GPS serta Pembuatan Laporan Kejadian.

Dalam Kegiatan Pembentukan dan Penyegaran Masyarakat Mitra Polisi Kehutanan TN Bukit Baka Bukit Raya ini, para peserta sepakat membentuk Kelompok yang diberi nama Kelompok MMP JORIBAN DARUNG dengan anggota sebanyak 30 (tiga puluh) orang yang dibagi menjadi 3 (tiga) regu, yaitu Regu Bohuang Syarun, Regu Kulih Daan dan Regu Horomaung yang beranggotakan 10 (sepuluh) orang untuk setiap regunya.

  

 

Sumber   :   Ivonne B. Panggabean, S.Hut. (Penyuluh Kehutanan) dan Dodi Marsaidi, S.Hut. (Pengendali Ekosistem Hutan) pada Balai TN Bukit Baka Bukit Raya.

Humas Dan Publikasi Balai TN Bukit Baka Bukit Raya - Contact Person  :    Dudy Kurniawan

Call Centre          :    082158564609 - e-mail :           bukitbakabukitraya@gmail.com

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini