Potret Kerjasama Apik Balai TN Bukit Baka Bukit Raya Dengan BOSF

Selasa, 11 September 2018

Palangkaraya, 4 September 2018. Bertempat di Visitor Center Pogram Rehabilitasi Orangutan Kalimantan Tengah Nyaru Menteng (PROKT-NM) Palangka Raya, Balai Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya (TNBBBR) dan Borneo Orangutan Survival Foundation (BOSF) melaksanakan kegiatan Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Kerja Tahunan (RKT) Semester I Kerjasama. Kegiatan ini merupakan Evaluasi Tahap II setelah sebelumnya dilakukan Evaluasi kerjasama Tahap I yang telah dilaksanakan pada tanggal 27 Februari 2018 di Sintang, Kalimantan Barat. Kegiatan diawali dengan kunjungan ke Kantor PROKT BOSF Nyaru Menteng dimana perwakilan dari pihak TNBBBR melihat proses dan fasilitas reintroduksi Orangutan yang ada disana sebelum dilepaskan ke kawasan TNBBBR. Selain itu juga dilakukan kunjungan ke lokasi Karantina Orangutan rilis nyaru Menteng III dan dilanjutkan kunjungan ke lokasi pulau pra rilis Kaja dan Bangamat di Desa Wisata Sei Gohong. Di Pulau Pra Rilis Pulau Kaja saat ini terdapat 52 Orangutan yang sedang dipersiapkan untuk mengalami proses peliaran kembali setelah lulus dari sekolah di Nyaru Menteng.

Kegiatan dilanjutkan dengan agenda utama yaitu Evaluasi RKT Pelestarian Orangutan Kalimantan dan Habitatnya di Kawasan Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya Kerjasama antara TNBBBR dengan BOSF Tahap II di ruang Visitor Center PROKT BOSF Nyaru Menteng. Kegiatan bertujuan ini untuk mengukur capaian kinerja dan bahan perbaikan pelaksanaan kegiatan sampai pada bulan Desember 2018.

Rapat dihadiri Kepala Balai TNBBBR sekaligus membuka acara, Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah II Kasongan, Bagian Kerjasama, Pelayanan Simaksi Balai TNBBBR, staf Fungsional PEH, Polhut , Penyuluh dan administrasi SPTN Wilayah II Kasongan. Perwakilan dari BOSF dihadiri oleh Program Manager PROKT-NM, Deputi Manager Bidang Pra Rilis NM, Kepala Biro Monitoring dan Evaluasi BOSF Bogor, Humas BOSF NM, Koordinator Camp TNBBBR PROKT-NM BOSF, Staf Comdev, Bagian Karantina BOSF, Dokter Hewan BOSF dan staf BOSF NM. Adapun kegiatan ini untuk mengevaluasi kegiatan kerjasama yang telah dilaksanakan selama rentang RKT periode Agustus 2017 s.d. Desember 2018. Selain itu dilakukan penelaahan hal-hal yang masih kurang, apa yang perlu yang diperbaiki dan apa yang ke depan harus segera dilaksanakan. Pada evaluasi tahap I sebelumnya telah dilakukan addendum terhadap jangka waktu RKT yang sebelumnya 1 tahun dimulai pada Agustus 2017 dan berakhir pada Agustus 2018 menjadi berakhir pada bulan Desember 2018. Sehingga kedepannya bisa dilakukan sikronisasi kegiatan antara TNBBBR dan BOSF Nyaru Menteng lebih baik lagi.

Selengkapnya dapat diklik sbb : Monitoring dan Evaluasi Kerjasama Balai TNBBBR dan BOSF

Sumber : Balai Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini