Antisipasi Karhut di Musim Kemarau, BTN Rawa Aopa Watumohai Rekrut Regu Brigdalkarhut

Kamis, 06 September 2018

Konawe Selatan, 6 September 2018. Sebagai implementasi permen LHK nomor P. 32/menlhk/setjen/kum.1/3/2016 dalam upaya pengendalian kebakaran hutan di kawasan konservasi,  Balai Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai pada tanggal 6 September 2018 melaksanakan kegiatan pembentukan dan pengukuhan Regu Brigdalkarhut yang dipimpin langsung oleh Kepala Balai Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai.

Regu brigdalkarhut ini berasal dari wilayah yang berbatasan langsung dengan Kawasan TNRAW dengan jumlah 17 orang yang terdiri dari 13 orang tenaga pemadam, 1 orang tenaga kesehatan dan 1 orang tenaga mekanik dan 2 wali data.

Dalam penerimaan Regu Brigdalkarhut ini, Panitia seleksi telah menerima pelamar sebanyak 168 orang untuk menjalani tes tertulis dan kebugaran fisik dengan rincian 145 tenaga pemadam, 13 orang perawat, 6 orang tenaga mekanik dan 4 walidata. Dari hasil tersebut 40 orang  lolos ke tahapan wawancara dengan rincian 30 orang tenaga pemadam, 5 orang tenaga medis, 3 orang tenaga mekanik dan 2 orang walidata.

Pada acara pengukuhan ini Kepala Balai TNRAW menyampaikan bahwa Regu Brigdalkarhut ini nantinya diharapakan dapat melaksanakan tugas dalam rangka melakukan kegiatan pencegahan dalkarhut meliputi patroli (pemadaman dini, penyuluhan,  sosialisasi dan kampanye dalkarhut) dan upaya pemadaman kebakaran hutan yang terjadi khusunya di musim kemarau saat ini di terutama di wilayah yang rawan kebakaran seperti di Wilayah SPTN 1 dan SPTN 2.

Selain itu kepala balai juga menyampaikan bahwa Regu Brigdalkarhut ini harus jujur dan disiplin karna untuk menjadi personel regu ini harus melawati beberapa tahapan seleksi yaitu mulai dari pengumuman penerimaan calon brigdalkarhut, pengambilan formulir pendaftaran, pelaksanaan ujian yang meliputi tes tertulis dan tes kebugaran fisik, dan terakhir tes wawancara yang dipimpim langsung dengan Kepala Balai TNRAW.

Sebelum acara pengukuhan ini, Regu Brigdalkarhut telah diberikan materi  mengenai ilmu dasar kebakaran hutan,  pencegahan kebakaran hutan,  peralatan pemadam kebakaran,  penggunaan GPS dan sistem pelaporan serta praktek (simulasi)  pemadaman kebakaran hutan dan praktek baris berbaris (PBB) selama 2 minggu yaitu mulai tanggal 23 Agustus s.d 5 September 2018.

Sumber : Balai Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini