Demi Mewujudkan Cita-Cita Kelompok Tani

Kamis, 06 September 2018

Tanjung Jabung Timur, 31 Agustus 2018. Balai KSDA Jambi melakukan kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Kelompok Masyarakat di Kelurahan Tanjung Solok Kecamatan Kuala Jambi Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Masyarakat yang dilatih berasal dari dua kelompok yaitu, Kelompok Pembuatan Kerupuk “Najwa” dan Kelompok Tani “Lapis Madu”. Kedua kelompok ini berasal dari desa yang merupakan desa penyangga Cagar Alam Hutan Bakau Pantai Timur yang dikelola oleh BKSDA Jambi.

Kelurahan Tanjung Solok dan Desa Sungai Ular memiliki potensi sumber daya alam yang melimpah, diantara nya perikanan, pertanian dan perkebunan. Salah satu yang paling menonjol adalah sektor perikanan dan hasil hutan bukan kayu. Melihat potensi yang ada, masyarakat yang tergabung dalam kelompok tani hutan bersepakat untuk mengembangkan industri pengolahan kerupuk udang dan budidaya madu sebagai komoditas unggulan. Dalam bentuk mewujudkan cita cita masyarakat BKSDA Jambi mengadakan Pelatihan Peningkata Kapasitas Kelompok Masyarakat. Kegiatan ini sendiri menghadirkan narasumber dari Dinas Kesehatan Tanjung Jabung Timur, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Tanjung Jabung Timur, Owner Trigona Hayati dan Balai KSDA Jambi.

Pelatihan ini difasilitasi oleh SKW III BKSDA Jambi, materi kegiatan ini berupa Peranan dan Fungsi Mangrove Bagi Masyarakat Sekitar, Tata Cara Perizinan Sertifikasi Pangan Industri Rumah Tangga, Strategi Pemasaran, dan Teknik Budidaya Lebah Madu. Pelatihan ini diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat terkumpul dalam kelompok tersebut. Kepala SKW III Faried, SP mengungkapkan, “Pelatihan ini dilaksanakan untuk membantu masayrakat dalam mencapai tujuan yang mereka tetapkan, dan masyarakat bisa sekaligus berpartisipasi dalam melestarikan Cagar Alam Hutan Bakau Pantai Timur.”

 

Sumber : Balai KSDA Jambi

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini