Giat Saka Wanabakti Kapuas Hulu Peringati HKAN 2018

Selasa, 04 September 2018

Martinus, 4 September 2018. Saka Wanabakti Cabang Kapuas Hulu Kalimantan Barat bersama Gugus Depan Natasusuma – Putri Dara Nante, SMAN 1 Embaloh Hulu Serta SMPN 1 Embaloh Hulu melaksanakan kegiatan Perkemahan Jumat, Sabtu, dan Minggu (Perjumsami), dalam rangka Penerimaan Tamu Ambalan (PTA) serta peringatan Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) tahun 2018.

Kegiatan berlangsung selama 3 hari, mulai 31 Agustus sampai dengan 2 September, berlokasi di bumi perkemahan SMPN 1 Embaloh Hulu (Martinus), peserta dalam kegiatan tersebut adalah para pelajar SMP, SMA, dan Mahasiswa yang berjumlah lebih dari 380 orang.

Kepala Sekolah SMAN 1 Embaloh Hulu selaku Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan SMAN1, Anisia Tumbi mengatakan “saya sangat senang dan sangat mendukung dengan adanya kolaborasi dari beberapa organisasi dalam melaksanakan kegiatan yang baik dan mendidik para generasi muda dalam kecintaannya terhadap alam, hutan, dan lingkungannya”.

Selama 3 hari para peserta di bekali  materi yaitu Prinsip Dasar dan Metode Pendidikan  Kepramukaan (PDMPK), Gerakan dan sejarah Pramuka, Saka Wanabakti. Sedangkan praktek antara lain yaitu Penguasaan bahasa SANDI, MORSE, dan SIMAPORE, bakti sosial yang dilaksanakan di sekolah SMPN 1 Embaloh Hulu dengan membersihkan seluruh area lapangan dan ruang sekolah, serta penghijauan melakukan penanaman pohon sebanyak 350 batang pohon di SMAN 1 Embaloh Hulu dan SMPN 1 Embaloh Hulu. Jenis pohon yang di tanam yaitu, Mahoni, Trembesi, Sengon, Pete, dan Jengkol.

Giat Perkemahan ini bertujuan sebagai pembekalan ilmu pengetahuan tentang kepramukaan dan ilmu pendidikan kesakaan  serta cinta alam dan kasih sayang sesama manusia seperti yang tercantum dalam butir Norma seorang pramuka yaitu Dasa Darma pramuka, agar setiap anggota pramuka Saka Wanabakti dapat mempraktekkan  semua materi yang mereka dapatkan di kehidupan sehari- hari baik di rumah,di sekolah maupun di masyarakat.

Ketua Saka Wanabakti Cabang Kapuas Hulu, Ardi Andono yang juga kabid Teknis dalam kesempatan tersebut beliau memotivasi seluruh anggota pramuka umumnya, anggota Saka Wanabakti khususnya supaya membuat kegiatan penuh aksi, dan berkontribusi penuh di setiap kegiatan untuk TNBKDS.

 

Sumber : Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini