Secercah Harapan Perempuan Sumba dari Ternak Itik

Jumat, 31 Agustus 2018

Waingapu, 27 Agustus 2018. Bantuan berupa 1500 ekor day old duck (anak itik umur sehari) yang diberikan Balai Taman Nasional Manupeu Tanah Daru dan Laiwangi Wanggameti (TN Matalawa) kepada kelompok perempuan Sumba di Desa Padiratana saat ini telah cukup dewasa. Para Penyuluh Kehutanan yang turut aktif menjadi pendamping kelompok mengambil keputusan untuk memperluas kandang yang telah ada agar resiko kematian itik dapat dihindari.

Plt. Kasubag Tata Usaha, Hastoto Alifianto, S.Hut. M.Si yang hadir untuk melakukan supervisi juga turut membantu para Penyuluh Kehutanan dan anggota kelompok untuk memperluas kandang serta memindahkan sementara itik-itik kedalam mobil. Selain melakukan perluasan kandang, distribusi pakan, vitamin, dan suplemen juga turut diberikan. Sejumlah itik yang telah diberikan vitamin dan suplemen dipindahkan ke kandang sub kelompok yang berada di Dusun 2 dan 3.

Para anggota kelompok terlihat sangat antusias dalam mengerjakan program ini. Melihat kondisi itik-itik yang semakin besar dan sehat, mereka sudah membayangkan bahwa akan ada tambahan penghasilan dari kegiatan ini. Para anggota kelompok berharap bahwa nantinya mereka dapat mengerjakan ini secara mandiri sehingga tujuan kemandirian ekonomi kelompok perempuan di Desa Padiratana dapat terwujud.

Sumber: Balai TN Matalawa

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini