Petugas Taman Nasional Gunung Leuser Gelar Kegiatan Bina Cinta Alam di SP. Penyu Rantau Sialang

Jumat, 31 Agustus 2018

Aceh Selatan,  30 Agustus 2018. Puluhan pelajar SD Negeri Ujung Padang, Kecamatan Kluet Selatan mengikuti kegiatan Bina Cinta Alam di ruang Aula Kantor SPTN Wilayah II Kluet Utara, BPTN Wilayah I Tapaktuan, Aceh Selatan.

Kegiatan Bina Cinta Alam ini tujuannya adalah menempah semangat konservasi anak ditingkat pendidikan formal, sekitar kawasan TN. Gunung Leuser di bahagian pantai Barat, Selatan Aceh.

Rangkaian kegiatan di mulai dari pembukaan acara, penyampaian materi konservasi, diskusi, pemutaran filem konservasi, game konservasi dan berakhir dengan menanam pohon di Kawasan Pantai Singgah mata Rantau Sialang.

Memancar keceriaan diraut wajah peserta, salah satunya adalah Sayed Fadhil, menurutnya banyak pengalaman dan pengetahuan tentang konservasi alam, mereka dapatkan selama mengikuti kegiatan ungkapnya.

Kepala Stasiun Pembinaan Populasi Penyu Rantau Sialang, Soloon Syahruddin Tanjung, S.Hut menjelaskan bentuk aktivitas pengelolaan di SP. Penyu Rantau Sialang yang berjalan selama ini diantaranya seperti ; monitoring habitat, pendataan administrasi pengelolaan, pengumpulan telur, penetasan telur secara semi alami, pemeliharaan anakan di bak pembesaran dan selanjutnya pelepasliaran tukik penyu   ke laut lepas jelasnya. 

Dalam sambutannya Kepala SPTN Wilayah II Kluet Utara, Teuku Irmansyah, S. Hut menyatakan bahwa kegiatan kunjungan edukasi kaum pelajar tersebut, dilaksanakan di tingkat sekolah formal mulai dari SD, SMP dan SMA sederajat. Disamping itu sasaran kegiatan merupakan wilayah dampingan program BCCPGLE (KFW) – (BBTNGL) serta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Lanjutnya acara yang diselenggarakan petugas TN. Gunung Leuser ini diharapkan dapat membawa dampak positif terhadap Generasi Muda di masa mendatang, setidaknya pemahaman lingkungan hidup yang didapatkan mampu diimplementasikan dalam kehidupan keseharian mereka, baik dilingkungan sekolah maupun dilingkungan keluarga dan masyarakat pungkasnya.

Kepala SD Negeri Ujung Padang, Bapak Ali Akbar, S.Pd, dikesempatan itu menyampaikan ucapan rasa terimakasihnya kepada petugas Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser (BBTNGL) atas kesempatan yang diberikan terhadap siswa (i) nya untuk ambil bagian dalam kegiatan tersebut. Harapannya kegiatan Bina Cinta Alam dapat terus dilakukan dan berjalan secara berkelanjutan tutupnya.

   

  

Sumber: Tek. Efa Wahyuni – Foto. July (BBTN Gunung Leuser)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini