BKSDA Kalsel Tingkatkan Pengembangan Usaha Ekonomi di Desa Sembilang

Senin, 27 Agustus 2018

KOTABARU, 26 Agustus 2018. Pukul 08:05 WITA tim dari Seksi Konservasi Wilayah III Batulicin BKSDA Kalimantan Selatan tiba di Desa Sembilang Kecamatan Kelumpang Tengah Kabupaten Kotabaru dalam rangka penyerahan 200 ekor bebek petelur jenis Mojosari Alabio kepada Kelompok Masyarakat Desa Konservasi Al-Barokah yang dibentuk pada bulan Mei 2018 oleh BKSDA Kalimantan Selatan. Penyerahan 200 bebek ini diharapkan dapat meningkatkan usaha ekonomi dan mengurangi ketergatungan masyarakat terhadap Cagar Alam Teluk Kelumpang dalam hal perambahan kawasan. 

Sebelum penyerahan 200 bebek petelur kepada masyarakat, tim kembali mensosialisasikan dan berdiskusi dengan kelompok Masyarakat Desa Konservasi yang dipimpin oleh Karta Manadi sebagai ketua kelompok terkait teknis pengelolaan kelompok, pembuatan RKL dan RKT Kelompok.

Adapun hasil dari diskusi bahwa Kelompok harus melaksanakan AD/ART yang telah mereka sepakati; Terkait adanya anggota kelompok yang kurang serius dalam melaksanakan tugas harian, akan diselesaikan secara kekeluargaan; Lokasi kandang disepakati menjadi satu kandang besar sehingga dapat mudah untuk dilakukan minitoring dan pengawasan; Pihak BKSDA Kalimantan Selatan akan terus melakukan pemantauan terkait pelaksanaan kegiatan kelompok budidaya dan RKL dan RKT akan diselesaikan oleh kelompok dalam waktu yg tidak terlalu lama.

Masyarakat dapat memahami apa yang disampaikan oleh Tim dari SKW III BKSDA Kalimantan selatan dengan antusias yang sangat tinggi dan respon positif diharapkan usaha kelompok ini akan sukses dan berkembang.

Setelah diskusi selesai, kegiatan dilanjutkan dengan serah terima barang berupa 200 ekor bebek petelur jenis Mojosari Alabio kepada ketua kelompok. Kegiatan berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan. (jrz)

Sumber : Balai KSDA Kalimantan Selatan

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini