BTN Bukit Baka Bukit Raya berpartisipasi dalam Pameran Pembangunan dan Sintang Expo Tahun 2018

Minggu, 26 Agustus 2018

Sintang, 26 Agustus 2018. Balai Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya (TNBBBR) kembali berpartisiapasi dalam kegiatan Pameran Pembangunan dan Sintang Expo 2018. Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan peringatan HUT RI ke-73 dengan tema “Melalui Pameran Pembangunan dan Sintang Expo 2018 kita Tingkatkan Kerja Bersama Guna Mewujudkan Kabupaten Sintang yang Maju dan berprestasi”.  

Berkenan membuka acara yaitu Wakil Bupati Sintang Askiman bersama Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Yosepha Hasnah pada Sabtu (25/08/2018) sore. Ketua Panitia penyelenggara yang juga Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan dan UKM H. Sudirman  menyampaikan bahwa “Tujuan Pameran dan Expo ini adalah untuk mensosialisasikan program dan keberhasilan pembangunan yang telah dicapai Pemerintah Daerah dan merupakan wahana promosi untuk berbagai bidang juga aspek kehidupan masyarakat Sintang”. Selain itu Ketua Panitia juga menyampaikan jumlah peserta Pameran Pembangunan dan Sintang Expo tahun 2018 terdiri dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sebanyak 32 stand, Instansi Vertikal sebanyak 2 stand, dan ditambah stand POLRI dan Perguruan Tinggi, selain itu juga terdapat 111 stand pelaku usaha UKM dan 51 stand Kuliner dan PKL yang ikut terlibat. Setelah acara pembukaan dilanjutkan dengan kunjungan ke stand-stand yang ada termasuk stand TNBBBR. Saat mengunjungi stand TNBBBR, Wakil Bupati tertarik dan sempat bertanya tentang satwa Kubung (Tupai Terbang) yang ada di kawasan TNBBBR ketika melihat gambar satwa tersebut pada display di stand TNBBBR.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan di kompleks Stadion Baning Sintang, Kalimantan Barat, Balai TNBBBR berusaha seefisien dan semaksimal mungkin menampilkan display yang menarik dan informatif yang dituangkan dalam stand berukuran 3 x 4 meter.  Dengan mengusung tema alam bebas Balai TNBBBR menampilkan berbagai kegiatan yang telah dilakukan selama selama ini.  Saat berada di luar stand keunikan sudah mulai terlihat dengan adanya jembatan gantung yang menghubungkan dua menara yang seakan menjadi gerbang masuk stand. Di bagian depan pengunjung disambut hijaunya tumbuhan ficus, Pasak bumi dan Ulin serta pohon Agathis yang tidak banyak diketahui oleh generasi muda sekarang, lalu juga ada kolam mini yang berisi beberapa jenis ikan di dalamnya.

Masuk ke dalam stand, pada dinding kiri dan kanan tersaji foto satwa unik mulai dari mamalia, burung, hingga kupu-kupu yang ada di kawasan TNBBBR serta kegiatan pengelolaan yang telah dilaksanakan. Terdapat pula elektronik standing poster yang menampilkan secara audio visual beberapa kegiatan yang dilakukan di kawasan TNBBBR seperti pendakian Seven Summit of Indonesia di Puncak Bukit Raya 2278 mdpl dan pelepasliaran orangutan di kawasan TNBBBR oleh Yayasan IAR Indonesia dan Yayasan BOS. Pada bagian backdrop terdapat panorama Sungai Ella Hulu yang menjadi ajang untuk kegiatan arung jeram, dengan pemandangan aliran air sungai yang putih bagaikan kapas serta bebatuannya. Suasana alam semakin terasa dengan nuansa hijau dari hiasan daun pada cabang dan ranting pohon dikiri dan kanan backdrop yang mewakili kondisi pohon yang ada di hutan. Pengunjung diperbolehkan untuk berswafoto dengan latar belakang pemandangan tersebut, alhasil pada malam hari setelah pembukaan tidak kurang dari 150 pengunjung yang mengunjungi stand TNBBBR.

Moment seperti ini menjadi salah satu ajang bagi TNBBBR untuk mempromosikan kegiatan maupun objek wisata alam yang ada di kawasan TNBBBR kepada masyarakat, termasuk juga sebagai pendidikan tentang lingkungan hidup, pentingnya kawasan konservasi dan pentingnya menjaga hutan dan isinya. Kedepannnya diharapkan kegiatan yang akan berlangsung hingga tanggal 8 September 2018 ini dapat memberikan manfaat bagi berbagai kalangan masyarakat dan semua pihak.

 

Sumber: Dodi Marsaidi (PEH) - Balai Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini