Ekspose Hasil Penelitian Fahutan UGM di TN Aketajwe Lolobata

Minggu, 26 Agustus 2018

Sofifi, 25 Agustus 2018. Bertempat di kantor Balai TN. Aketajawe Lolobata (TNAL), diselenggarakan Ekspose hasil penelitian lapangan tentang "Distribusi Spasial dan Faktor Pembatas Distribusi Kakatua Putih (Cacatua alba) di kawasan TNAL". Penelitian ini merupakan bentuk kerja sama Balai TN. Aketajawe Lolobata dengan Laboratorium Satwa Liar Fakultas Kehutanan UGM. Ekspose hasil penelitian ini dihadiri langsung oleh Kepala Balai TNAL Muhammad Wahyudi, Kepala SPTN I Weda, beserta beberapa pegawai fungsional PEH dan POLHUT. Sedangkan dari Fahutan UGM sendiri, dihadiri oleh Dr. Muhammad Ali Imron dan salah satu Mahasiswanya Muhammad Tafrichan sebagai presenter, serta hadir pula dari Mitra TNAL yaitu Burung Indonesia.

Dr. Muhammad Ali Imron menyatakan bahwa salah satu kendala di banyak kawasan konservasi adalah banyaknya data yang dikumpulkn oleh petugas lapangan namun belum dioptimalkan untuk tujuan pengelolaan dikarenakan data tersebut tidak diolah lebih lanjut. Penelitian ini memanfaatkan data kehadiran (presents only) yang diolah dengan sofware Maxent untuk membuat peta potensi distribusi burung kakaktua (cacatua alba). Data dikumpulkan dari berbagai sumber dan menggunakan berbagai peta yang tersedia untuk memprediksi dimana burung ini bisa ditemukan yang selanjutnya hasil olahan ini bisa dimnfaatkan untuk membuat batasan wilayah untuk monitoring populasinya atau bisa digunakan sebagai rekomendasi untuk zonasi.

Lebih lanjut, hasil Penelitian yang dibiayai oleh DIPA Balai TNAL 2018 ini, sangat di apresiasi oleh Kepala Balai dengan harapan data ini akan menjadi dasar dalam pengambilan kebijakan kedepannya karena Satwa Kakaktua adalah termasuk satwa prioritas TNAL.

Kegiatan ekspose hasil penelitian ini pun diisi dengan dialog santai antara Balai TN. Aketajawe Lolobata, Fahutan UGM dan Burung Indonesia tentang rencana Burung Indonesia untuk melakukan studi populasi burung paruh bengkok di TNAL.

Pada akhir kegiatan, Dr. Muhammad Ali Imron memberikan buku Asas-Asas Pengelolaan Satwa Liar kepada Kepala Balai TN. Aketajawe Lolobata dan juga kepada Burung Indonesia. Buku tersebut merupakan buah pemikiran Almarhum Prof. Djuwantoko, Guru Besar Fahutan UGM yang telah dirampungkan bersama oleh tim editor.

Sumber : Ais Rafli - PEH Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini