Kokosrek “Trashbag Community” di Gunung Guntur Garut

Kamis, 23 Agustus 2018

Garut, 23 Agustus 2018. Jum’at - Sabtu tanggal 17 - 18 Agustus 2018 “Trashbag Community” (Komunitas Peduli Sampah Gunung) DPC Bekasi telah menyelenggarakan kegiatan Pendidikan dan Latihan Kokosrek Gunung (Sapu Bersih) dan Edukasi Pendaki di TWA Gunung Guntur dan CA Kawah Kamojang pada tanggal 17-18 Agustus 2018 silam.

Acara dibuka Kepala Bidang KSDA Wilayah III Ciamis disertai pemberian sambutan sebelum pendaki diberangkatkan ke Gunung Guntur. Sebanyak 80 (delapan puluh) orang peserta dan panitia ikut berpartisipasi.

Dalam kegiatan ini juga dilakukan diskusi/dialog dan sharing pengalaman dengan Volunteer Gunung Guntur mengenai topik dan narasumbernya mengenai minimalisir penggunaan barang yang menghasilkan sampah dan dampak untuk konservasi alam (Farwiza Farhan - Yayasan Hutan, Alam dan Lingkungan Aceh).

Sebagai wujud kepedulian dan komitmen moral bahwa tanggung jawab sampah Gunung Guntur merupakan tanggung jawab bersama, karena Gunung Bukan Tempat Sampah. Dari kegiatanitu berat sampah yang terkumpul sebanyak 90,48 kg dengan komposisi plastik kemasan (40%), botol plastik (30%), tisue basah (6%), puntung rokok  (10%), kertas (8%), botol kaca (1%), stereofoam (1%), kaleng (2%), dan kain (2%).  

Lokasi yang menjadi sasaran operasi sapu bersih (opsih) yaitu Puncak 1 (1 trashbag), Pos 3 (10 trashbag), Pos 2 (6 trashbag), dan Pos 1 (12 trashbag) yang menjadi tempat konsentrasi pengunjung, ditambah dari sampah yang terkumpul di sepanjang jalur sebanyak 6 trashbag.  Dengan demikian total terkumpul 35 trashbag yang terdiri dari 20 kantong plastik dan 15 karung.

Kegiatan ini untuk mensupport Balai Besar KSDA Jawa Barat (BBKSDA Jabar) dalam memperingati Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) yang mendapat dukungan dan partisipasi dari Direktorat Pengelolaan Sampah, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dengan menghadirkan personilnya di lokasi.

Acara ditutup Kepala Seksi Konservasi Wilayah V Garut disertai penyampaian ucapan dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pihak penyelenggara atas kepeduliannya terhadap sampah pengunjung di Gunung Guntur.

Sumber : Balai Besar KSDA Jawa Barat

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini