Berjibaku Amankan Rimba dari Amukan Si Jago Merah

Kamis, 23 Agustus 2018

Karimunjawa, 23 Agustus 2018. Siang hari di tanggal 22 Agustus 2018 bersamaan dengan perayaan Idul Qurban di Karimunjawa, para Ranger Taman Nasional Karimunjawa (TNKj)dikejutkan oleh keributan warga yang melihat asap membumbung tinggi di sisi timur Karimunjawa arah Kapuran - Legon Lele. Dengan sigap, Bapak Amin Irsyad segera mengumpulkan para Ranger serta dengan persiapan pakaian lapangan dan golok segera bergegas menuju lokasi sumber asap. Pak Amin khawatir telah terjadi kebakaran lahan yang pasti akan mengancam ke arah kawasan Zona Rimba Taman Nasional Karimunjawa Resort Legon Lele Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah II Karimunjawa.

Ternyata telah terjadi kebakaran lahan, diperkirakan lokasi berjarak 250 meter dari kawasan tepatnya dari pal batas TN. 237, lokasi di sekitar titik koordinat S 05°52'35,0" dan E 110°26' 32,4". Diperkirakan api membesar mulai pukul 14.00 WIB (22/8).

Bersama dengan 6 Ranger TNKj, 3 personil Koramil, Polsek Karimunjawa, BPBD SAR Karimunjawa dan 4 warga Karimunjawa, dengan menggunakan peralatan golok dan gepyok segera dilakukan pembersihan areal di sekitar titik api untuk melokalisir api agar tidak meluas ke arah kawasan.

Kebakaran diduga disebabkan aktifitas pembukaan lahan oleh warga dengan cara di babat lalu di bakar, api menjadi semakin menjadi tidak terkendali karena kencangnya angin timur. Sehingga pelaku melarikan diri dengan meninggalkan barang bukti satu buah kapak, satu buah batu asahan dan 2 botol air mineral di lokasi kejadian, selanjutnya barang bukti tersebut di amankan di kantor SPTN Wilayah Karimunjawa.

Pada pukul 17.20 WIB api berhasil di lokalisir dan padam. Kemudian malam harinya di pantau oleh Pak Kanan masih terlihat beberapa titik bara api yang terlihat membara di kegelapan. Selanjutnya akan di adakan mooping up dengan menggunakan jet shooter oleh para Ranger bersama dengan dinas instansi terkait (23/8). Pusdalops BPBD SAR Jepara, Dinas Perhubungan Jepara, Kecamatan Karimunjawa, Polsek Karimunjawa dan Radar Kudus telah menghubungi Kepala SPTN Wilayah II Karimunjawa untuk klarifikasi kejadian tersebut.

Sumber : Amin Irsyad, photo & videographer by Hary S, foto drone by Kecamatan Karimunjawa, mapgrapher Sobirin

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini