Untuk Pertama Kalinya Buaya Muncul di Sungai Asam Kota Jambi

Senin, 20 Agustus 2018

Jambi, 20 Agustus 2018. BKSDA Jambi menerima laporan dari masyarakat bahwa terdapat Buaya Muara (Crocodylus porosus) di Sungai Asam Kota Jambi, pada pukul 16.00 WIB waktu setempat. Tim BKSDA Jambi langsung menuju lokasi pada pukul 18.00 WIB mengecek TKP dan menemui masyarakat. Pada tanggal 14 Agustus 2018 pukul 09.00 WIB tim kembali ke TKP untuk melakukan evakuasi terhadap buaya. Untuk saat ini buaya muara tersebut dititipkan sementara di ZSL

Dari informasi yang diterima dari masyarakat, belum pernah ditemukan buaya muara sebelum nya di daerah Sungai Asam Kota Jambi. Tim memutuskan mengamati kualitas air sekitar yang telah tercemar oleh limbah rumah tangga dan pabrik sehingga membuat air berwarna kehitaman. Buaya muara yang ditemukan di Sungai Asam berada di kedalaman 1-2 meter dan lebar sungai 5-6 meter, dengan vegetasi rerumputan, pisang pisangan, dan semak belukar.

Kepala SKW II selaku ketua tim evakuasi, Wawan Gunawan mengutarakan “Buaya muara yang dilaporkan warga sudah berhasil kami evakuasi dan kami titipkan sementara di ZSL, dugaan sementara buaya ini mungkin tersesat saat air Sungai Batanghari sedang naik dan nyasar masuk ke Sungai Asam. Mungkin juga ada oknum yang sengaja membuang buaya tersebut disini, masih kami selidiki untuk lebih lanjut.”

 

Sumber : Balai KSDA Jambi

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini