Katinting Karnaval Ramaikan HUT Ke 73 RI Di Perairan Desa Wisata Popareng

Sabtu, 18 Agustus 2018

Tatapaan (18/12/17). Katinting karnaval dalam rangka memperingati Dirgahayu Republik Indonesia ke 73 dan peresmian Desa Wisata Popareng dilaksanakan sejak hari Jumat dan sabtu tanggal 17-18 Agustus 2018 yang bertempat di Desa Popareng, Kecamatan Tatapaan, Kabupaten Minahasa Selatan.

Aktivitas lapangan mulai dari pendaftaran peserta Balap Katinting dan Parade Perahu Hias dibantu oleh Lantamal VIII serta Kelompok Cahaya Tatapaan mitra Balai Taman Nasional Bunaken.

Karnaval Katinting yang digelar merupakan untuk kedua kalinya oleh Balai Taman Nasional Bunaken. Salah satu even yang menyasar kepada masyarakat khususnya nelayan kecil dan tradisional untuk mengapresiasi dan membangun rasa bangga dalam pengelolaan konservasi di Taman Nasional Bunaken, sekaligus kegiatan ini bertujuan mempromosikan kegiatan masyarakat nelayan kecil dan tradisional dalam budaya dari generasi ke generasi.

Kegiatan ini terselenggara atas inisiasi Balai Taman Nasional Bunaken dengan bekerjasama dengan Lantamal VIII TNI AL serta dukungan Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan khususnya Desa Popareng dan Kelompok Cahaya Tatapaan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Aspotmar Lantamal VIII, Kepala Balai Taman Nasional Bunaken, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Minahasa Selatan, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Minahasa Selatan, Unsur Muspika Kecamatan Tatapaan, dan segenap warga yang antusias mengikuti kegiatan dan perlombaan.

Yus Diamanti salah satu peserta yang diwawancari sangat senang dengan kegiatan ini, dia termotivasi mengikuti kegiatan dengan sukarela, dalam kegiatan karnaval perahu hias Juri telah memberikan predikat Juara I. Ini merupakan hiburan bagi warga desa sekaligus untuk menjaga lingkungan.

Aktivitas katinting hias yang diikuti oleh peserta memamerkan berbagai seni warga pesisir yang unik dan atraktif, dengan balutan bendera merah putih serta pernak-pernik berdera kecil berkibar sebagai warga Negara Republik Indonesia. Tutup Yus.

Sumber: Balai TN Bunaken

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini