Merajut Nasionalisme Para Bikers di Taman Nasional Bukit Tigapuluh

Sabtu, 18 Agustus 2018

Rengat, 18 Agustus 2018. Berbeda seperti tahun-tahun sebelumnya, kali ini Peringatan HUT RI di Taman Nasional Bukit Tiga Puluh (TNBT) dirayakan lebih semarak dengan hadirnya 30 komunitas Bikers dari Indragiri Hulu, Indragiri Hilir, Kuantan Singingi, Pelalawan, Pekanbaru dan Jambi dalam upacara peringatan HUT RI ke 73 di TNBT. Sebanyak 117 Bikers hadir dimana target awal peserta hanya 80 orang.

Pada 16 Agustus 2018, dilakukan acara pelepasan para Bikers oleh Kepala Balai TNBT Darmanto bersama - sama dengan Kasat Lantas Polres Inhu yang diwakili oleh Kanit Rajawali (kanit lantas) di Kantor Balai Puncak Selasih, dihadiri sebanyak 40 peserta. Dalam sambutannya, Darmanto menyampaikan rasa terima kasih atas kunjungan para komunitas bikers di TNBT dan berharap semoga acara berjalan dengan lancar di Camp Granit. Konvoi menuju Camp Granit dengan mengusung tema " RIDE TO UNITY" dimulai selepas kepala balai mengibarkan bendera start.

Setibanya di Camp Granit, panitia yang merupakan pegawai Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah II Belilas dipimpin oleh Kepala SPTN Wilayah II Lukman Hery Prasetyo telah mempersiapkan berbagai rangkaian acara. Diantaranya perkenalan, penyampaian profil TNBT, pemutaran video2 ttg upaya konservasi yg telah dilaksanakan oleh TNBT, tanya jawab. Suguhan kopi panas, jagung dan ubi rebus makin menambah nikmat nuansa malam di alam bukit tiga puluh.

Pagi harinya, seluruh peserta dengan khidmat mengikuti Upacara Bendera Peringatan HUT RI ke 73. Pasca upacara dilakukan kegiatan penanaman pohon Meranti oleh setiap perwakilan komunitas bikers dan aksi bersih sampah di areal sekitar camp. Di akhir acara dilaksanakan penyerahan sertifikat kepada setiap peserta. Tanpa melewatkan pemandangan alam asli perbukitan di Camp Granit, para peserta mengabadikan diri untuk berfoto dan video.

Selanjutnya sebagai bagian dari acara, dilakukan aksi sosial yang ditujukan kepada masyarakat suku tradisional Talang Mamak di TNBT. Lokasi yang dipilih berada di Desa Rantau Langsat yang berjarak kurang lebih 25 km dari Camp Granit. Para bikers menyampaikan bantuan berupa pakaian layak pakai dan diterima langsung oleh Kepala Desa Supno Hatiro dan bantuan dana pembangunan pondok Quran yang dirintis Yayasan Muara.

Haji Doni selaku Ketua Komunitas Bikers Inhu menyatakan bahwa sangat puas dengan pelaksanaan kegiatan dan antusias para peserta yang cukup tinggi, publikasi kegiatan sengaja dibuat tidak terlalu menggaung karena ini kali pertama Bikers mengadakan acara di TNBT. Segenap peserta mengucapkan terima kepada Kepala Balai TNBT karena telah memfasilitasi kegiatan ini. Haji Doni berjanji pada kegiatan tahun depan akan mengadakan acara yang lebih besar dan meriah setelah mendapat gambaran dan pengalaman dari event tahun ini.

Melalui kegiatan ini, para Bikers baru mengetahui bahwa terdapat jantung hutan di Sumatera sebagai lokasi habitat Harimau Sumatera. Tantangan kedepannya adalah para Bikers diharapkan dapat menjejakkan rodanya di TNBT di saat melintas jalan lintas timur Sumatera sebelum menuju titik O kilometer Indonesia di Sabang Aceh.

Kegiatan ini menjadi tonggak sejarah pertama kali diselenggarakan Upacara Peringatan Kemerdekaan RI di Camp Granit yang berada di Jantung kawasan Taman Nasional Bukit Tiga Puluh. Semoga dengan adanya kegiatan ini, Taman Nasional Bukit Tiga Puluh semakin dikenal dan dikunjungi oleh banyak wisatawan dan menjadi destinasi wisata terbaik di Riau.

Sumber : Balai Taman Nasional Bukit Tigapuluh

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini