Presentasi Hasil Kegiatan IJ-REDD+ Project di TN Gunung Palung

Kamis, 12 April 2018

Ketapang, 11 April 2018. Di penghujung masa berakhirnya kegiatan IJ-REDD+ Project di Balai Taman Nasional Gunung Palung (TNGP) IJ REDD+ Project Ketapang Office mengadakan presentasi hasil-hasil kegiatan proyek pada hari Rabu, 11 April 2018  di ruang rapat Balai TNGP. Kegiatan presentasi bertujuan untuk menyampaikan capaian-capaian hasil proyek dan rekomendasi  upaya-upaya tindak lanjut ke depan kepada Kepala Balai TNGP yang baru Bapak M. Ari Wibawanto. Presentasi hasil capaian proyek dihadiri oleh perwakilan IJ REDD+ Project Bapak Hideyuki Kubo selaku Chief Advisor IJ REDD+ Project, perwakilan IJ REDD+ Kantor Ketapang, Kepala SPTN I dan II, serta staff Balai TNGP.

Presentasi diawali dengan pengantar mengenai kegiatan IJ REDD+ Project di Balai TNGP yang sudah berlangsung selama ± 5 tahun. Kegiatan presentasi dimoderatori oleh Kepala SPTN I Sukadana Bapak Bambang Hari Trimarsito. Giliran pertama untuk presentasi adalah Bapak Endro Setiawan yang menyampaikan tentang kegiatan pengawetan keanekaragaman hayati yang didukung oleh proyek IJ REDD+. Kegiatan-kegiatan di bidang biodiversity meliputi pelatihan survey fauna dan identifikasi flora, pemasangan Camera Trap di Stasiun Riset Cabang Panti, Pelatihan Biodiversity di Jepang dan Pelatihan dan Pra survey keanekaragaman hayati di Resort Pangkal Tapang dan Sempurna bersama masyarakat

?Kegiatan presentasi selanjutnya mengenai kegiatan fasilitasi masyarakat yang disampaikan oleh Bapak M. Denny Rosadi. Kegiatan fasilitasi masyarakat bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam pengelolaan kawasan TNGPPelaksanaan kegiatan fasilitasi masyarakat telah berhasil meningkatkan peran serta masyarakat dalam pengelolaan TNGP khususnya di masyarakat Dusun Tanjung Gunung. Selain fasilitasi, disampaikan juga hasil kegiatan patroli dengan SMART Patrol yang dipresentasikan oleh Bapak Bambang Suryantoro. SMART Patrol merupakan metode patroli yang berbasis SMART yang dikenalkan oleh IJ REDD+ Project kepada staff Balai TNGP. Penggunaan sistem SMART dalam kegiatan patroli di Balai TNGP sudah sampai pada tahap penyusunan Standard Operating Procedure (SOP). Uji coba SOP telah dilaksanakan melalui kegiatan pengecekan pal batas di SPTN Wilayah I Sukadana. Pada pelaksanaannya, uji coba SMART Patrol memiliki beberapa hambatan seperti pengambilan data belum maksimal, kurang cermat dalam penggunaan GPS dan alur proses data belum bisa dipahami oleh semua anggota resort. Dalam kegiatan presentasi inijuga disampaikan mengenai SOP yang telah dibuat dan telah di ujicoba oleh Balai TNGP serta pengenalan Forum Sahabat Gunung Palung.

?Kepala Balai TNGP Bapak M. Ari Wibawanto berharap kerjasama dengan IJ-REDD+ JICA dapat terus berlanjut karena memberikan dampak sangat positif bagi pengelolaan TNGP khususnya masyarakat di sekitar kawasan TNGP. Pihak IJ-REDD+ JICA menyatakan bahwa tidak bisa memperpanjang proyek kerjasama ini namun akan tetap membantu pengelolaan kawasan TNGP melalui cara lain. Diharapkan deforestasi di kawasan TNGP tidakhanya berkurang, tetapi bisa benar-benar hilang.

Sumber: Balai Taman Nasional Gunung Palung

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini