Koordinasi Penanganan Monyet Ekor Panjang di Kecamatan Silaen

Rabu, 31 Mei 2023 Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Tarutung, 31 Mei 2023 - Pada  hari Selasa, 30 Mei 2023, Seksi Konservasi Wilayah IV Tarutung menerima kunjungan dari PT. Toba Pulp Lestari (TPL), Dinas Pertanian Kabupaten Toba dan masyarakat Kecamatan Silaen, Kabupaten Toba, terkait penanganan konflik Monyet Ekor Panjang (Macaca fascicularis) di Kecamatan Silaen.

Pada pertemuan tersebut Kepala Seksi Wilayah IV Tarutung menyampaikan beberapa hal dalam penanganan konflik tersebut, antara lain  menghimbau kepada masyarakat/petani untuk menghindari kegiatan bertani/berladang di sekitar kawasan hutan dan mengganti pola tanam dengan jenis tanaman yang bukan sumber pakan monyet. Masyarakat juga dihimbau untuk tidak membunuh/meracuni satwa liar tersebut. 

Kepada pihak PT. TPL, Kepala Seksi Konservasi Wilayah IV Tarutung menyarankan untuk ikut membantu penanganan  konflik tersebut dengan cara : melakukan penanaman jenis pohon MPTS di sekitar areal konsesi PT TPL,  memfasilitasi pembuatan kandang jebak, memfasilitasi pengadaan petasan/mercon yang nantinya dapat dipergunakan untuk  tindakan penghalauan/pengusiran monyet ekor panjang.  

Kepala Seksi Konservasi Wilayah IV Tarutung juga mengajak pihak-pihak terkait dari PT. TPL, KPH Wilayah IV Balige beserta  UPD Kabupaten  Toba untuk berkolaborasi dan bersinergi  dalam penanganan konflik antara satwa liar dengan masyarakat, khususnya di Kabupaten Toba. Dengan sinergitas ini maka konflik bisa dihindari atau setidaknya diminimalisir peristiwa maupun dampaknya di masyarakat. 


Sumber : Manigor Lumbantoruan, SP. (Kepala SKW IV Tarutung) – Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini