TN Babul Tampilkan Sejumlah Produk Kelompok Tani Hutan di Rakor KLHK Ekoregion Sulawesi dan Maluku

Senin, 29 Mei 2023 Baai TN Bantimurung Bulusaraung

Senin, 29 Mei 2023 - Rapat Koordinasi (Rakor) Ekoregion Sulawesi dan Maluku terlaksana selama dua hari, 24 sampai dengan 25 Mei 2023. Rakor ini mengangkat tema "Membangun tapak, memajukan daerah" yang bertempat di Hotel Fourt Point, Makassar. Kegiatan diikuti oleh kurang lebih 300 peserta berasal dari UPT KLHK se- Sulawesi dan Maluku,   P3E se- Indonesia, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Kehutanan Provinsi Sulsel, serta dari perguruan tinggi.

Ada hal menarik dari kegiatan Rakor kali ini. Panitia memberikan ruang khusus kepada UPT KLHK Sulawesi untuk menampilkan tugas dan fungsi masing-masing satker. Selain itu, produk-produk andalan dari kelompok binaan 11 UPT juga tak luput dipamerkan. Salah satunya adalah produk-produk dari kelompok tani hutan yang menjadi binaan Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung (TN Babul).

Balai TN Babul memamerkan produk binaan berupa madu hutan dan tumbler bambu dari Gapoktan Pattanyamang, jahe instan dari KWTH Semangat Baruga, kripik jamurnya KTH Samaenre Bersatu, kopi bentenge khas Mallawa dari KTH Betara Bersatu, kopi andalannya KTH Labongke, gula semut KTH Palandro dan GMK, dan gula aren cair KTH Pagolla.  

Kelompok Wanita Tani Hutan Semangat Baruga menyiapkan tester jahe instan, pengunjung boleh merasakan sensasi pedasnya, sembari membeli produknya. Kripik jamur olahan KTH Samaenre bersatu ludes sebelum kegiatan dimulai. Kepala SPTN Wilayah II Camba antusias memperkenalkan produk inovasi kelompok binaan TN Babul kepada pengunjung stan. 

"Semua produk yang kami tampilkan adalah hasil inovasi dari kelompok binaan kami. Memberdayakan masyarakat adalah komitmen kami untuk meningkatnya taraf kehidupan mereka," ucap Nur Aisyah Amnur, Kepala SPTN Wilayah II Camba, kepada pengunjung yang mampir.

"Kelompok binaan TN Babul juga berkomitmen berkontribusi untuk penghijauan. Mereka percaya bahwa mengambil sesuatu dari alam, harus dikembalikan ke alam. Setiap hasil penjualan produk, mereka sisihkan 1.000 rupiah untuk konservasi," tambahnya.

Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman berkesempatan mengunjungi display TN Babul. Beliau memborong satu set tumbler bambu dan gelasnya. 

"Saya senang dan bangga dengan inovasi seperti ini, kelompok harus memiliki ide-ide cemerlang untuk bersaing. Produk tumbler bambu ini saya beli semua," ucap Andi Sudirman saat berkunjung ke stan TN Babul.

"Kami mempunyai komitmen untuk membantu kelompok binaan dalam hal pemasaran yang selama ini menjadi kendala. Usaha untuk memasukkan produk kelompok ke toko-toko dan hotel sudah kami godok. Beberapa pihak sudah bersedia, namun masih terkendala izin produk yang belum siap edar," terang T. Heri Wibowo, Kepala Balai TN Babul di sela-sela rakor.

Hasil inovasi kelompok binaan TN Babul semoga bisa mereprentasikan tema kegiatan rakor. Membangun tapak, memajukan daerah.


Sumber : Ramli (PEH Penyelia) - Balai TN Bantimurung Bulusaraung

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Belum terdapat komentar pada berita ini