Serah Terima Satwa Burung Endemik Maluku

Selasa, 23 Mei 2023 Balai Besar KSDA Riau

Pekanbaru, 11 Mei 2023 - Balai Besar KSDA Riau melakukan pengembalian burung Endemik Maluku ke habitat aslinya di Provinsi Maluku. Sebanyak 6 (Enam) ekor burung berjenis Kakatua yakni 5 (Lima) ekor Kakatua Maluku (Cacatua moluccensis) dan 1 (satu) ekor Kakatua Jambul Kuning (Cacatua sulphurea).

Kedua Jenis burung Kakatua tersebut berasal dari proses penegakan hukum yang sudah mempunyai ketentuan hukum tetap dan juga berasal dari penyerahan masyarakat secara sukarela setelah mendapatkan penyadartahuan petugas.

Proses pengembalian burung Endemik Maluku Jenis Kakatua terselenggara berkat kerjasama para pihak yang peduli kelestarian jenis satwa liar dan lingkungan yakni Kejaksaan Negeri Dumai (@kejari_dumai), Polairud Dumai Polda Riau, Yayasan Arsari Djojohadikusumo (@pkr.arsari), Balai Karantina Pertanian (@karantinapertanian_pekanbaru), Dinas Peternakan Provinsi Riau Cq UPT Lab Veteriner dan Klinik Hewan serta pihak terkait lainnya. 

Sebelum dilakukan pelepasliaran ke habitat aslinya jenis Kakatua tersebut akan dilakukan perawatan dan rehabilitasi di Suaka Paruh Bengkok yang berada dibawah otoritas Balai KSDA Maluku (@bksda_maluku) 

Dengan telah diserahkannya satwa endemik tersebut, Genman Suhefti Hasibuan menilai, kedepannya semoga bisa berkembang biak secara alami dihabitat aslinya sehingga terjamin kelestarian jenisnya.


Sumber : Balai Besar KSDA Riau


Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini