Patroli di Kawasan Bersama Gajah

Senin, 22 Mei 2023 Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Aek Raso, 21 Mei 2023 - Dalam rangka Road To HKAN 2023, Resort Taman Wisata Alam (TWA) Holiday Resort pada Seksi Konservasi Wilayah VI Kota Pinang, Bidang KSDA Wilayah III Padangsidempuan melaksanakan kegiatan rutin patroli pengamanan kawasan di TWA Holiday Resort, tepatnya di Desa Aek Raso, Kecamatan Torgamba, Kabupaten Labuhan Batu Selatan, pada tanggal 10 Mei - 13 Mei 2023. Kegiatan patroli kali ini berbeda dari biasanya, dimana gajah-gajah yang ada di Pusat Latihan Gajah (PLG) Holiday Resort ikut serta dalam kegiatan patroli. Pelibatan gajah dalam kegiatan ini dimaksudkan juga sebagai bentuk sosialisasi kepada warga sekitar untuk ikut peduli dengan satwa liar ini dengan menjaga dan melestarikan habitat gajah tersebut, khususnya yang berada di kawasan TWA Holiday Resort.

Kegiatan patroli dilakukan dengan mengelilingi zona pemanfaatan kawasan, dimana masih mendapati adanya warga yang melakukan aktivitas penanaman tanaman-tanaman sawit dan karet di sekitar lokasi. Tindakan pengamanan yang dilakukan oleh petugas, mencabut tanaman tersebut serta memberikan penyuluhan kepada warga yang lahan garapannya berdekatan dengan blok pemanfaatan agar tidak memperluas lahan garapannya.

Selain itu, petugas juga melakukan pengecekan alur sungai yang mengalir di TWA Holiday Resort. Ada terdapat 4 sumber alur air yang masuk ke kawasan TWA Holiday Resort berasal dari kebun masyarakat yang berbatasan langsung dengan kawasan. Dari pantauan petugas, sungai yang mengalir di dalam kawasan TWA Holiday Resort sudah semakin kecil debet airnya, hal ini disebabkan  oleh tanaman sawit di sekitar sungai dan adanya aktivitas  pembuangan pelepah sawit ke dalam sungai.

Kegiatan patroli pengamanan kawasan akan rutin terus dilakukan oleh petugas  dalam rangka memantau dan memonitor kawasan konservasi TWA Holiday Resort. Pelibatan satwa gajah dalam kegiatan patroli menjadi sarana efektif untuk mengedukasi masyarakat dalam upaya menjaga kelestarian satwa liar yang dilindungi tersebut beserta dengan habitatnya.


Sumber  : A.Rizal M (Kepala Resort TWA Holiday Resort) – Balai Besar KSDA Sumatera Utara


Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini