Pendampingan Delegasi ASEAN Youth KTT ASEAN Ke-42 Oleh Fungsional PEH dan Polhut ke Kawasan TN Komodo

Sabtu, 20 Mei 2023 Balai TN Komodo

Labuan Bajo, 12 Mei 2023 - Taman Nasional Komodo mendapatkan kehormatan sebagai destinasi kegiatan field excursion bagi rombongan delegasi ASEAN Youth KTT ASEAN Ke-42 pada tanggal 11 Mei 2023. Kegiatan yang diorganisir oleh Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia ini membawaserta 20 anggota delegasi negara-negara ASEAN, pimpinan Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia, perwakilan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, dan perwakilan Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores.

Balai Taman Nasional Komodo menugaskan interpreter terbaiknya yang fasih berbahasa Inggris, Muhammad Ikbal Putera (Pengendali Ekosistem Hutan Ahli Muda) dan Kepala Resort Loh Buaya, Ikhwan Syahri (Polisi Kehutanan Ahli Pertama) untuk mendampingi rombongan delegasi berkunjung ke Taman Nasional Komodo selama satu hari kegiatan. Itinerary kegiatan berwisata ini dimulai dengan mengunjungi Resort Padar Selatan (Pulau Padar), Long Beach Padar, Resort Loh Buaya (Pulau Rinca), dan diakhiri dengan menikmati indahnya kalong besar terbang mencari makan di Pulau Kalong Rinca.

Seluruh anggota delegasi yang berusia muda ini belum pernah mengunjungi Taman Nasional Komodo sebelumnya. Anggota delegasi tampak antusias mengabadikan momen bahagianya saat berada di atas kapal phinisi dan pada setiap destinasi wisata alam Taman Nasional Komodo yang mereka kunjungi. Pada setiap destinasi, Ikbal menginterpretasikan berbagai informasi dalam Bahasa Inggris kepada anggota delegasi dan membuka ruang diskusi seandainya ada delegasi yang ingin mengajukan pertanyaan mengenai keanekaragaman hayati di Taman Nasional Komodo, termasuk sistem pengelolaannya. Sementara Ikhwan bertanggungjawab memastikan agar rombongan delegasi selalu aman dan mengikuti alur kunjungan yang dipandu oleh Ikbal berdasarkan itinerary yang telah disepakati.

Anggota delegasi takjub melihat keindahan panorama Pulau Padar dari ketinggian. Tampak canda tawa dan perasaan riang gembira terpancar dari setiap wajah anggota delegasi saat berhasil mencapai puncak Padar Selatan. Kegembiraan tersebut kian menguat saat delegasi menginjakan kakinya di putihnya pasir Long Beach Padar yang tidak kalah menawan. Gradasi warna alam terpancar nyata pada saat pertengahan hari, “panas namun bagaikan surga”, ucap salah satu anggota delegasi. Selanjutnya, delegasi berkesempatan berkunjung ke Resort Loh Buaya di Pulau Rinca dan mendapatkan interpretasi informasi yang lebih lengkap dari Ikbal pada setiap pemberhentiannya.

Delegasi pun diajak memasuki Gedung Museum yang dinamakan Komodo Information Center yang berada dalam kompleks bangunan Niang Komodo – Resort Loh Buaya. Para delegasi berkesempatan melihat dua rangka biawak komodo (satu jantan dan satu betina) dari jarak yang sangat dekat di dalam museum. Interpretasi pun selesai setelah seluruh diorama dan panel informasi diinterpretasikan oleh Ikbal. Para anggota delegasi dan rombongan kemudian memberikan apreasiasi berupa tepuk tangan meriah bagi Ikbal dan Ikhwan karena merasa terpuaskan dan berhasil membuat kegiatan field excursion ini sangat menyenangkan dan memorable.

Pada akhir perjalanan menuju Labuan Bajo, kapal phinisi yang rombongan delegasi tumpangi berhenti sejenak di sekitar perairan Pulau Kalong Rinca. Kalong besar (Pteropus vampyrus) beterbangan keluar dari pohon tidurnya di Pulau Kalong ke berbagai arah menuju Pulau Flores, Pulau Komodo, dan Pulau Rinca. Fenomena ini sangat indah, terlebih terjadi bersamaan dengan momen matahari terbenam (sunset) yang membuat warna langit Taman Nasional Komodo berwarna jingga dihiasi dengan pola alur terbang kalong besar yang tersusun rapi berwarna kehitaman. “This is one of the most peaceful feeling I have ever experienced in my life”, ucap salah satu delegasi yang menikmati pemandangan ini dari atas kapal phinisi. Kegiatan ini ditutup dengan barbecuque dan dinner party yang dilaksanakan di atas kapal phinisi sambil bergerak kembali menuju Labuan Bajo.


Sumber :  Balai TN Komodo
Penyuting  Berita : Muhammad Ikbal Putera, S.Hut., M.S. (Pengendali Ekosistem Hutan Ahli Muda)
Penulis Berita : Ikhwan Syahri, S.Hut. (Polisi Kehutanan Ahli Pertama ) & Muhammad Ikbal Putera, S.Hut., M.S. (Pengendali Ekosistem Hutan Ahli Muda)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini