Penanganan Konflik Dengan Harimau di Tangkahan

Selasa, 16 Mei 2023 Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Tangkahan, 15 Mei 2023 - Bermula pada Selasa (25/4) petugas Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) mendapat informasi adanya lembu milik warga yang diterkam satwa liar jenis Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) di Dusun Kuala Buluh, Desa Namo Sialang, Kecamatan Batang Serangan, Kabupaten Langkat. Setelah dipasang camera trap pada sore hari, keesokan harinya  Rabu (26/4), melalui camera trap terpantau 1 ekor harimau yang diduga menerkam ternak lembu peliharaan warga.

Perkembangan selanjutnya, pada Minggu (30/4) dilakukan pertemuan dengan warga di Tangkahan, Desa Namo Sialang, Kecamatan Batang Serangan. Pertemuan dihadiri Kepala Bidang Pengelolaan Taman Nasional (PTN) III Stabat, Kepala Seksi Konservasi Wilayah II Stabat Balai Besar KSDA Sumatera Utara, Kepala Seksi PTN VI Besitang, Camat Batang Serangan, Kapolsek Batang Serangan, perwakilan dari Kodim 0203 Langkat, Pemerintah Desa, Lembaga Pariwisata Tangkahan, masyarakat dan CRU.

Sesuai kesepakatan dengan Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan  (Forkopimca) Kecamatan Batang Serangan, maka telah dilakukan pemasangan kandang jebak di lokasi sekitar kebun kelapa sawit PTPN 2, dengan maksud untuk menenangkan warga dan mencegah terjadinya korban  baik dipihak warga maupun pada satwa, sebagai dampak dari konflik. Disamping itu, petugas terus memonitor perkembangannya dan menghimbau warga untuk waspada.


Sumber : Herbert BP. Aritonang, S.Sos., MH. (Kepala SKW II Stabat) – Balai Besar KSDA Sumatera Utara


Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Belum terdapat komentar pada berita ini