Monyet Ekor Panjang Resahkan Warga, Petugas Lakukan Evakuasi

Selasa, 16 Mei 2023 Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Asahan, 15 Mei 2023 - Petugas Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui Seksi Konservasi Wilayah III Kisaran, mendapat pesan  whatsaap  dari Kepala Desa Sipaku Area, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Asahan, yang menginformasikan adanya gerombolan Monyet Ekor Panjang (Macaca fascicularis) memasuki area ladang warga dan sangat meresahkan. Beberapa tanaman seperti : jagung, alpukat, rambutan dan beberapa jenis tanaman hias dirusak oleh satwa liar ini. 

Pada Selasa, (9/5) Tim Seksi Konservasi Wilayah III Kisaran menyambangi Kantor Desa Sipaku Area untuk koordinasi dengan Sekretaris Desa dan Kepala Dusun. Selanjutnya Tim mengunjungi rumah salah satu warga, Subandi, yang menjadi korban serbuan monyet ekor panjang. Disekitar pekarangan rumah Subandi, petugas menemukan banyak tanaman yang telah dirusak. Kemudian  petugas memutuskan untuk memasang kandang jebak tepat dibelakang rumah Subandi. 

Keesokan harinya, Rabu (10/5) saat memonitor kandang jebak, terlihat satu ekor monyet berada di dalam kandang jebak. Petugas pun selanjutnya melakukan evakuasi dengan memindahkan satwa tersebut ke kandang transit. Sementara kandang jebak masih tetap di stand by kan di lokasi, mengingat masih ada lagi monyet yang berukuran lebih besar berkeliaran di lokasi. Usai dievakuasi, pada Kamis (11/5) Tim Seksi Konservasi Wilayah III Kisaran melakukan pelepasliaran monyet  ekor panjang dewasa, berjenis kelamin jantan,  ke Hutan Lindung ANECC di Kabupaten Simalungun. 

Sumber : Farid Ali, M.Hatta dan Elmolincont (Tim SKW III Kisaran) – Balai Besar KSDA Sumatera Utara



Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini