Tapir Nongkrong di Kebun Warga di Perbatasan Hutan Lindung dan TN Kerinci Sebelat

Selasa, 16 Mei 2023 Balai KSDA Sumatera Barat

Selasa, 16 Mei 2023 - Sebuah video viral di media sosial pada 2 Mei 2023 menunjukkan seekor tapir (tanuk) yang terlihat santai berada di ladang warga Nagari Aie Dingin, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Lokasi kemunculan satwa dilindungi ini berada di perbatasan Hutan Lindung dan Taman Nasional Kerinci Seblat.

Kepala Balai KSDA Sumatera Barat, bapak Ardi Andono segera mengirimkan Tim WRU Seksi III untuk mengecek keberadaan tapir tersebut. Tim yang dipimpin bang Gusman Efendi berkoordinasi dengan pemerintah Nagari Air Dingin dan melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk tidak melakukan perburuan karena tapir merupakan satwa yang dilindungi oleh Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No. 108 Tahun 2018 tentang Jenis Tumbuhan dan Satwa Dilindungi.

Meskipun Tim tidak menemukan jejak tapir karena kondisi tanah yang keras dan hujan, perekam video satwa tersebut, Kepala Jorong Koto, bapak Arnol Dwika Ramanda, mengatakan bahwa tapir telah masuk kembali ke dalam hutan.

Sumber: Balai KSDA Sumatera Barat

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini