BBKSDA Papua Lepas Liar 24 Satwa di Cagar Alam Tanjung Wiay

Kamis, 06 April 2023

Nabire, 4 April 2023 –  Road to Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) 2023, Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Papua melepasliarkan 24 satwa. Lepas liar berlangsung pada Selasa (4/5/2023), di kawasan Cagar Alam Tanjung Wiay, Kabupaten Nabire, Provinsi Papua Tengah. 

Kepala Bidang KSDA Wilayah II Nabire, La Ode Ahyar Thamrin Mufti, menyampaikan jenis-jenis satwa yang dilepasliarkan terdiri atas 4 ekor jagal papua (Cracticus cassicus), 1 ekor jagal papua hitam (Melloria quoyi), dan 19 ekor pitohui utara (Kirhocephalus jobiensis).

“Satwa-satwa tersebut merupakan hasil sitaan tim petugas di Pelabuhan Nabire, dari tindak penyelundupan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, pada 31 Maret 2023,” kata Ahyar.

Momentum lepas liar satwa tersebut dihadiri oleh Kepala BBKSDA Papua, Kepala Bidang KSDA Wilayah II Nabire, Kabag TU BBKSDA Papua, DANLANAL Nabire, Kepala Cabang Pelni Nabire, Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Biak, Kepala KPPP Nabire, Kepala KPLP Nabire, Perwakilan Bidang Pengelolaan Taman Nasional Teluk Cenderawasih Wil. I Nabire, Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah III Lorentz, dan Kepala Kampung Nifasi.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Balai Besar KSDA Papua, A.G. Martana, menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah bersinergi dan bekerja sama dalam pengawasan dan pengendalian peredaran satwa liar yang menjadi kebanggaan masyarakat Papua. Sinergitas itu sangat penting, karena masing-masing pihak akan sulit bila bekerja sendiri-sendiri.

“Kita sudah mengamati, tindak ilegal terhadap satwa liar memiliki modus yang sangat beragam. Tim petugas perlu meningkatkan kewaspadaan dan lebih jeli mengenali segala modus tersebut, sehingga para pelaku tidak punya celah lagi untuk sekadar merencanakan tindak ilegal,” ungkap martana.

Lebih jauh Martana menyampaikan, tim petugas perlu lebih mewaspadai aktivitas di bandara dan pelabuhan. Keduanya merupakan pintu keluar masuk tumbuhan dan satwa liar (TSL) yang dibawa oleh oknum tak bertanggung jawab. Mengingat jelang masa libur hari raya Idul Fitri, lalu lintas di bandara dan pelabuhan tentu akan meningkat.(dd)     

Sumber: Balai Besar KSDA Papua                                     

Call Center BBKSDA Papua: 0823 9770 9728

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini