Aktivitas Pembakaran Lahan di Perbatasan CA Martelu Purba

Jumat, 24 Maret 2023

Petugas temukan aktivitas pembakaran lahan

Martelu Purba, 24 Maret 2023. Aktivitas pembakaran lahan yang berbatasan langsung dengan kawasan Cagar Alam (CA) Martelu Purba ditemukan petugas Resort CA Martelu Purba pada Seksi Konservasi Wilayah III Kisaran, Balai Besar KSDA Sumatera Utara, saat melaksanakan kegiatan Patroli Pencegahan Kebakaran Hutan di CA Martelu Purba pada tanggal 20-21 Maret 2023. Di lokasi, petugas patroli menjumpai  2 orang (suami istri) yang sedang bekerja membersihkan lahan dengan cara membabat rumput/semak dan membakarnya. Kedua orang pasangan suami istri ini mengaku hanya sebagai pekerja harian yang diperintahkan oleh pemilik lahan.

Menghindari dan mencegah merembetnya api ke kawasan CA Martelu Purba, petugas patroli segera melakukan pemadaman dengan peralatan seadanya berupa beberapa batang tumbuhan perdu, sampai akhirnya semua sumber api berhasil dipadamkan. Selanjutnya petugasi memberikan peringatan dan penyuluhan agar tidak mengulangi lagi perbuatan membakar lahan. Untuk memberi kesan efek jera tim patroli menyampaikan bahwa aktivitas membakar bisa merupakan tindak pidana dan ada sanksi hukumnya. Kedua pasangan suami istri  yang melakukan pembakaran menyatakan tidak akan mengulangi lagi perbuatannya.

Tim patroli berjuang memadamkan api

Sebagian besar daerah penyangga kawasan CA Martelu Purba adalah merupakan perladangan aktif yang dikelola warga masyarakat sepanjang tahun yang ditanami dengan berbagai jenis tanaman holtikultura dan buah. Hal ini menjadi fokus perhatian petugas di lapangan untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya aktivitas pembakaran lahan yang rawan mengancam kelestarian kawasan CA Martelu Purba.

Sumber : Alharis Ruhidi, SP., M.Si (Kepala Resort CA. Martelu Purba) dan Gibran Muhammad Tri Rahmawan (PEH Ahli Pertama) – Balai Besar KSDA Sumatera Utara

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini