Petugas Tangkal Hoaks, Berikan Jenduman Kepada Warga

Selasa, 14 Maret 2023

Petugas menyerahkan jenduman kepada warga

Desa Pintu Bosi, 14 Maret 2023. Disaat warga sedang resah akibat penampakan jejak Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) di beberapa daerah, ada saja orang-orang yang memanfaatkannya untuk menebar berita bohong (hoaks). Peristiwa ini terjadi tepatnya di Desa Pintu Bosi, Kecamatan Hulu Sihapas, Kabupaten Padang Lawas Utara, dimana desa ini diisukan disambangi si raja hutan sehingga membuat warga khawatir. Ketakutan warga inilah yang kemudian dimanfaatkan oleh segelintir oknum warga untuk tujuan tertentu menyebarkan informasi yang tidak benar (hoaks) dengan menyebutkan adanya penampakan jejak harimau di beberapa tempat.

Bermodal informasi ini, petugas Balai Besar KSDA Sumatera Utara, melalui Seksi Konservasi Wilayah V Sipirok didampingi 2 orang warga setempat, turun langsung ke lokasi yang diberitakan tersebut, dari tanggal 7 s.d 9 Maret 2023, untuk memastikan dengan melakukan observasi serta penyisiran lokasi, dan hasilnya berita tersebut diklarifikasi  bermuatan hoaks. Petugas hanya menemukan jejak babi hutan disekitar lokasi yang disebutkan dan bukan jejak harimau.

Warga belajar menggunakan jenduman

Selanjutnya untuk mitigasi konflik, petugas membuat dan menyerahkan jenduman yang terbuat dari pipa PVC sebanyak 7 buah, untuk digunakan mengusir  si raja hutan saat memasuki perkampungan, dan warga juga diajari cara penggunaannya. Tidak lupa petugas mengingatkan warga untuk tetap waspada,  jangan cepat percaya kepada informasi yang tidak benar yang dapat meresahkan warga. Bila ada menemukan tanda-tanda kehadiran satwa liar yang diduga harimau segera melaporkannya kepada instansi terkait terdekat agar dilakukan penanganan. Warga pun berterima kasih atas kehadiran petugas dan merasa tenang dengan adanya klarifikasi informasi hoaks tersebut.

Sumber : Ambet P. Harianja (TPHL SKW V Sipirok) – Balai Besar KSDA Sumatera Utara

 

 

 

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini