Alat Berat Beroperasi Ditemukan, Balai TN Tesso Nilo Beri Teguran Keras

Senin, 28 November 2022

Lubuk Kembang Bunga, 25 November 2022. Tim piket penjagaan kawasan Taman Nasinal Tesso Nilo (TNTN) berhasil menemukan keberadaan satu unit alat berat yang beroperasi di dalam kawasan tepatnya areal Resort Lancang Kuning Air Sawan, Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah I Lubuk Kembang Bunga, Ukui, Pelalawan, Minggu (6/11). Penemuan tersebut bermula dari laporan masyarakat kepada tim piket Balai Taman Nasional Tesso Nilo bahwa terdapat alat berat yang sedang bekerja membuka lahan di dalam kawasan hutan.

Setelah berkoordinasi dan menuju lokasi, dipastikan petugas menemukan alat berat sedang yang sedang melakukan pembukaan dan pembersihan lahan untuk perkebunan. Petugas  melakukan pengumpulan data dan informasi terhadap operator alat berat dan diperoleh  informasi bahwa lahan tersebut adalah milik masyarakat inisial S yang disewa oleh oknum masyarakat inisial TMM. Petugas memberikan peringatan dan surat teguran keras kepada operator dan penyewa alat berat untuk tidak melanjutkan aktivitas di dalam kawasan dan keluar dari kawasan hutan. Konsekuensi yang akan diperoleh juga dijelaskan jika tetap melakukan aktivitas yang melanggar hukum di dalam kawasan.

Berdasarkan arahan pimpinan, alat digiring keluar dari kawasan TN Tesso Nilo, kemudian operator alat berat diperintahkan mengawal untuk melakukan rolling keluar meninggalkan lokasi.  Dalam proses rolling keluar dari kawasan tim dihadang oleh oknum masyarakat sekitar 50 orang. Untuk menjaga kondusivitas, petugas memutuskan alat berat digiring oleh masyarakat keluar dan petugas memberikan peringatan keras untuk tidak melakukan aktivitas apapun di dalam kawasan hutan.

Sumber : Balai Taman Nasional Tesso Nilo

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini