Pemutaran Film Konservasi Bagi Masyarakat Baliloku

Sabtu, 05 Agustus 2017

Waingapu, 5 Agustus 2017. Baliloku merupakan salah satu desa penyangga kawasan konservasi yang berada di pesisir laut selatan samudera Indonesia, tepatnya di kecamatan Wanokaka kab. Sumba barat . Desa Baliloku berbatasan langsung dengan kawasan Taman Nasional Matalawa, berada di wilayah kerja Resort Waimanu  SPTN I Waibakul.

Upaya konservasi yang dilakukan pihak pengelola kawasan TN Matalawa tidak hanya mutlak kegiatan perlindungan, namun juga terdapat kewajiban memberikan pemahaman terkait pengelolaan kawasan konservasi bagi Masyarakat. Salah satu bentuk kegiatan edukatif yang diberikan pihak pengelola kawasan TN Matalawa bagi masyarakat melalui kegiatan sosialisasi pengelolaan  terkait perlindungan kawasan, zonasi dan kebakaran hutan. Guna mendukung terlaksananya kegiatan tersebut maka dibutuhkan dukungan SDM yang berasal dari pejabat fungsional Penyuluh dan Polisi Kehutanan.

Berlokasi di Desa Baliloku Kecamatan Wanokaka, SPTN Wilayah I Waibakul melaksanakan kegiatan penyadartahuan bagi masyarakat Baliloku. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 3 Agustus 2017, dimulai sejak pukul tujuh malam hingga selesai. Bentuk kegiatan yang dilakukan pada kegiatan ini meliputi pemutaran film konservasi dan penyampaian materi.

Dalam pelaksnaannya kegiatan tersebut mendapat respon positif baik dari pemerintah desa dan masyarakat, hal itu diliat dari antusias masyarakat yang hadir berjumlah kurang lebih 100 (seratus) orang. Disela-sela pemutaran film, kegiatan diselingi dengan penyampaian pesan konservasi akan penting  menjaga dan melestarikan lingkungan hidup dan kehutanan oleh kepala SPTN I Waibakul (A. Basit Nasriyanto, S.Hut.,M.Sc). Beliau berpesan agar masyarakat Desa Baliloku turut menjaga kawasan TN Matalawa dengan tidak berburu, menebang pohon dan membakar padang. Sedangkan pihak Desa Baliloku, diwakili Kepala Desa Baliloku (Umbu Duang) sangat mengharapkan kegiatan bisa dilaksanakan kembali. Beliau juga menyampaikan apresiasi terhadap pelaksanaan sosialisasi pengelolaan TN Matalawa dan siap mendukung tupoksi Taman Nasional dalam menjaga kelestarian ekosistem, memajukan pariwisata dan menyejahterakan masyarakat.

Sumber Info : Balai Taman Nasional Manupeu Tanahdaru dan Laiwangi Wanggameti

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini