Upaya Menjaga Jarak Dengan Si Belang

Kamis, 31 Maret 2022

Pekanbaru, 31 Maret 2022 - Mitigasi konflik satwa liar harimau sumatera dilakukan Balai Besar KSDA Riau di PT. THIP Estet Pulai, Ds.  Tanjung Simpang, Kec. Pelangiran, Kab. Indragiri Hilir pada Kamis, (24/3).

Tim yang terdiri dari Sehat Nasution, Aswar Habibina, Asep Firman, Azwar dan Dimas melakukan briefing di Kantor Estate Pulai bersama pihak PT. THIP. Dari hasil tersebut diperoleh keterangan bahwa pada Selasa silam (15/3) telah terjadi perjumpaan langsung satwa harimau sumatera oleh operator escavator.

Pihak perusahaan melakukan mitigasi konflik, patroli, pemasangan papan peringatan, sosialisasi dan pemasang camera trap. Hasil dari camera trap terpantau adanya satu individu harimau sumatera jenis kelamin jantan.

Tim Balai Besar KSDA Riau dan Tim PT THIP Estet Pulai bersama sama melakukan pengecekan lokasi kejadian dan melakukan penelusuran namun saat itu yang ditemukan hanya jejak babi dan tidak ditemukan tanda - tanda adanya  jejak harimau sumatera. Kemudian Tim mendapat informasi kembali bahwa telah terjadi perjumpaan terhadap satwa harimau sumatera dan segera melakukan pengecekan pada lokasi tersebut. Dan benar saja, jejak harimau sumatera ditemukan diperkirakan satwa melintas pada pagi harinya.

Sosialisasi pun dilakukan agar pekerja selalu waspada dan bekerja secara berkelompok.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini