Mencari Rusa yang Terjebak Timbunan Tanah Perumahan

Senin, 13 Desember 2021

Pekanbaru, 13 Desember 2021 - Beberapa hari yang lalu beredar video rusa terjebak di dalam tanah timbunan pada kawasan yang digunakan untuk membuat perumahan di jalan Nelayan, Rumbai Kota Pekanbaru. Tim Rescue Balai Besar KSDA Riau telah turun ke lokasi pada Selasa, 7 Desember 2021, namun rusa telah kembali ke lahan rawa yang cukup luas dipenuhi rerumputan yang tinggi sehingga menyulitkan untuk mencari satwa tersebut.

Tim segera menggali informasi dari warga dan menjumpai Ketua RT setempat. Informasi yang didapat rusa berjumlah sekitar 2 ekor, diperkirakan rusa yang keluar adalah anakannya.

Identifikasi yang dilakukan berdasarkan rekaman video, satwa rusa tersebut dari jenis rusa sambar. Dimana berdasarkan Peraturan Menteri LHK nomor P.106/MENLHK/SETJEN/KUM.1//6/2018 tentang Jenis Tumbuhan dan Satwa yang dilindungi. Meskipun rusa sambar masih berstatus “Resiko Rendah” (Vulnerable), namun kita tidak boleh lengah untuk senantiasa menjaga kelestarian habitat dan Rusa terbesar ini agar tidak punah dan tetap menjadi kekayaan keanekaragaman hayati Indonesia.

Balai Besar KSDA Riau menghimbau kepada warga masyarakat agar tidak melakukan tindakan yang dapat melukai dan membahayakan satwa liar tersebut. Tim Rescue telah berkoordinasi dengan Ketua RT dan masyarakat setempat untuk menginformasikan kembali ke call center Balai Besar KSDA Riau di nomor 081374742981 apabila melihat rusa muncul kembali. Karena dari hasil pencarian dan  dan menunggu cukup lama namun rusa belum dapat terpantau di karenakan luasnya hamparan lahan kosong dengan rawa dan semak belukar tinggi dan rimbun.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

[Teks : DI, Foto : Tim admin BBKSDARIAU |122021]

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini