TaNa Bentarum Kembali Serahkan Bantuan Usaha Ekonomi Produktif Masyarakat Desa Binaan

Jumat, 15 September 2023 BBTN BBTN Betung Kerihun dan Danau Sentarum

Putussibau, 14 September 2023 - Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (TaNa Bentarum) bersama Anggota DPR RI Komisi IV yang diwakili Tenaga Ahli Bapak Yesaya Putra Pamungkas, kembali melaksanakan kegiatan penyerahan bantuan pemberdayaan secara simbolis kepada kelompok Masyarakat Desa Binaan sekaligus melaksanakan Bimbingan Teknis Pemberdayaan Masyarakat. Kegiatan ini turut dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Hulu yang diwakili Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Kepala Balai Besar TaNa Bentarum, Perwakilan Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Pertanahan, dan Lingkungan Hidup Kabupaten Kapuas Hulu, Perwakilan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kapuas Hulu, Tenaga Ahli Lokal Anggota Komisi IV DPR RI, Kepala Desa serta ketua kelompok binaan lingkup TaNa Bentarum.

Bantuan Pemberdayaan Masyarakat yang diserahkan merupakan Bentuk Fasilitasi Pengelolaan Usaha Ekonomi Produktif Masyarakat Desa di Sekitar dan di dalam Kawasan serta merupakan upaya pembinaan dan pendampingan berkelanjutan dari TaNa Bentarum. Dalam sambutannya, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Kapuas Hulu, Ibu Triwati, S.P., M.Si. mewakili Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Hulu menyampaikan, “Agar bantuan yang diterima dikelola dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya serta harus membawa kemajuan bagi ekonomi masyarakat, jangan hanya sekedar diterima saja. Jangan jadi Kelompok yang timbul tenggelam atau maju mundur saat ada bantuan”. Beliau turut menyampaikan apresiasi kepada TaNa Bentarum atas pembinaan dan pelibatan aktif masyarakat sekitar Kawasan TaNa Bentarum yang sumber pendapatan ekonominya masih bergantung dari sumber daya hutan. Bapak Yesaya Putra Pamungkas selaku Tenaga Ahli Anggota DPR RI Komisi IV yang membidangi Lingkungan Hidup dan Kehutanan turut berpesan agar bantuan yang telah diberikan dipergunakan sebaik mungkin untuk mengembangkan usaha ekonomi masyarakat hingga nantinya menghasilkan produk-produk unggulan yang siap dipasarkan secara luas dan tentunya akan menambah sumber penghasilan masyarakat.

Pada tahun 2023 ini, Balai Besar TaNa Bentarum melakukan Penyerahan Bantuan kepada 5 kelompok Masyarakat Binaan, diantaranya adalah 3 Kelompok Penerima Bantuan Usaha Ekonomi Produktif melalui Skema Kesepakatan Konservasi yaitu Kelompok Tani Hutan Roda Desa, Desa Nanga Suhaid; Kelompok Tani Hutan Madang Bersatu, Desa Madang Permai; dan Kelompok Tani Hutan Tunas Mulia, Desa Padua Mendalam. Masing masing Kelompok tersebut menerima bantuan senilai Rp.50.000.000,- (Lima Puluh Juta Rupiah). Sedangkan 2 Kelompok Penerima Bantuan lainnya melalui skema Kerjasama Kemitraan Konservasi yaitu Kelompok Madu Periau Pulau Majang, Desa Pulau Majang dan Kelompok Periau Semangit, Desa Nanga Leboyan yang masing-masing menerima bantuan senilai Rp. 20.000.000,- (Dua Puluh Juta Rupiah). Dengan adanya bantuan pemberdayaan masyarakat ini, diharapkan menjadi stimulan agar kelompok masyarakat dapat mengembangkan potensi daerahnya dengan tujuan menambah pendapatan. Hingga tahun 2023, Balai Besar TaNa Bentarum telah berhasil melakukan fasilitasi usaha ekonomi produktif pada 20 Desa Binaan yang mendapat bantuan dan pendampingan langsung dari TaNa Bentarum dalam kurun waktu 5 tahun terakhir.

Setelah melaksanakan bimbingan teknis serta penyerahan bantuan secara simbolis, acara dilanjutkan dengan Penandatangan Deklarasi Bersama dan Berita Acara Serah Terima Secara Simbolis. Deklarasi Bersama adalah komitmen Bersama antara Kelompok Masyarakat Bersama TaNa Bentarum untuk menjalankan Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat secara bertanggungjawab untuk kemajuan bersama. Deklarasi Bersama ditandatangani oleh Para Perwakilan Kelompok Penerima Bantuan Pemberdayaan dan disaksikan oleh Asisten bidang Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Kapuas Hulu, Tenaga Ahli Anggota Komisi IV DPR RI, Kepala Balai Besar TaNa Bentarum beserta para tamu undangan. Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi foto bersama serta meninjau stand produk-produk hasil pemberdayaan kelompok masyarakat binaan TaNa Bentarum. Terdapat beberapa produk yang dipamerkan seperti produk olahan ikan, madu, pisang, singkong, pewarna alam, Aras body scrub dan lainnya. Melalui pameran produk-produk masyarakat ini, diharapkan akan menjadi penyemangat bagi kelompok yang baru saja menerima bantuan untuk menciptakan produk-produk baru yang semakin inovatif dan juga sebagai bukti nyata kegiatan pendampingan berkelanjutan yang dilakukan oleh TaNa Bentarum.

Sumber : Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 3.4

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini