Ranger Goes To School 2023: Pelaksanaan Ujian Akhir Semester di SMK Stella Maris Labuan Bajo Rampung Dilaksanakan

Minggu, 30 Juli 2023 BTN Komodo

Labuan Bajo,  13 Juni 2023 - Balai Taman Nasional Komodo menyelenggarakan ujian akhir semester (UAS) untuk mengevaluasi performa belajar siswa-siswi kelas XI prodi Usaha Layanan Pariwisata (ULP) di SMK Stella Maris Labuan Bajo. Pelaksanaan UAS ini menutup rangkaian program Ranger Goes to School (RGTS) Tahun 2023 yang dilaksanakan di tiga sekolah, termasuk SMK Stella Maris Labuan Bajo. Naoma Yunita Banamtuan (Polisi Kehutanan Mahir) dan Ande Kefi (Pengendali Ekosistem Hutan Mahir) dipercayakan mengawasi keseluruhan proses UAS di SMK Stella Maris Labuan Bajo sampai dengan tuntas.

Jumlah peserta UAS di SMK Stella Maris Labuan Bajo jauh lebih banyak mencapai 175 pelajar, dibandingkan dengan SMKN 1 Labuan Bajo yang berjumlah 102 pelajar. Hal ini karena jumlah ruang kelas di SMK Stella Maris Labuan Bajo untuk prodi ULP mencapai 5 ruang kelas, sementara SMKN 1 Labuan Bajo hanya berjumlah 3 ruang kelas. Seusai melaksanakan UAS, Naoma Yunita Banamtuan dan Ande Kefi menyampaikan bahwa siswa-siswi yang memperoleh peringkat 1-3 di setiap kelasnya akan mendapatkan kesempatan mengikuti program magang Junior Park Ranger (JPR) di Balai Taman Nasional Komodo pada Bulan Januari s.d. Juni 2024 setiap tahunnya. Rm. Kornelis Hardin, Kepala SMK Stella Maris Labuan Bajo, turut menyambut baik hal tersebut karena pada prinsipnya SMK memerlukan mitra industri yang dapat menerima kegiatan magang secara berkelanjutan setiap tahunnya.

Balai Taman Nasional Komodo berharap agar program RGTS dapat terus diselenggarakan setiap tahunnya. Lebih lanjut, Balai Taman Nasional Komodo berkeinginan agar Taman Nasional Komodo tidak hanya dipandang sebagai sebuah destinasi wisata oleh para pelajar di Kabupaten Manggarai Barat, melainkan sebagai identitas sosial diri para generasi mudanya, bahwa dimanapun kelak mereka berada, maka yang paling mengetahui informasi tentang Taman Nasional Komodo adalah generasi muda Manggarai Barat.


Sumber : Balai TN Komodo

Penulis Berita : Naoma Yunita Banamtuan, A.Md. (Polhut Mahir) & Ande Kefi, S.ST. (Pengendali Ekosistem Hutan Mahir)

Penyunting Berita : Muhammad Ikbal Putera, S.Hut., M.S. (Pengendali Ekosistem Hutan Ahli Muda)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini