Ranger Goes To School 2023: Pelaksanaan Ujian Akhir Semester di SMKN 1 Labuan Bajo Rampung Dilaksanakan

Minggu, 30 Juli 2023 BTN Komodo

Labuan Bajo, 13 Juni 2023 - Balai Taman Nasional Komodo menyelenggarakan ujian akhir semester (UAS) untuk mengevaluasi performa belajar siswa-siswi kelas XI prodi Usaha Layanan Pariwisata (ULP) di SMKN 1 Labuan Bajo. Pelaksanaan UAS ini menutup rangkaian program Ranger Goes to School (RGTS) Tahun 2023 yang dilaksanakan di tiga sekolah, termasuk SMKN 1 Labuan Bajo. Koordinator Program RGTS, Muhammad Ikbal Putera, memimpin langsung jalannya UAS di SMKN 1 Labuan Bajo dengan didampingi oleh siswa magang dari SMK Stella Maris Labuan Bajo.

Sebanyak 102 siswa-siswi Prodi ULP SMKN 1 Labuan Bajo mengikuti UAS RGTS Tahun 2023. Menariknya, para siswa  tampak serius mengikuti UAS Pendidikan Konservasi Taman Nasional Komodo ini. “Nilai dari mata pelajaran RGTS ini akan dimasukan ke dalam rapor murid sebagai materi muatan lokal wajib yang harus mereka ikuti, sehingga mereka harus bersungguh-sungguh untuk mendapatkan nilai yang baik”, tutur Vincencia Natalia Dian Purnama, guru produktif ULP SMKN 1 Labuan Bajo.

Mendengar hal itu, Muhammad Ikbal Putera juga menambahkan, “Siswa-siswi yang memperoleh nilai terbaik kesatu hingga ketiga di setiap kelasnya akan mendapatkan kesempatan mengikuti program magang Junior Park Ranger (JPR) di Balai Taman Nasional Komodo mulai Bulan Juli s.d Desember setiap tahunnya. Pendampingan untuk para pelajar ini tidak akan berhenti di program RGTS, melainkan akan dilanjutkan pada program magang JPR selama enam bulan lamanya”. Viktoria Timung Wulang, Kepala SMKN 1 Labuan Bajo, menyambut baik hal tersebut karena sekolah kejuruan pada prinsipnya memerlukan mitra industri yang dapat menerima program magang SMK secara berkelanjutan setiap tahunnya.

Balai Taman Nasional Komodo berharap agar program RGTS dapat terus diselenggarakan setiap tahunnya. Lebih lanjut, Balai Taman Nasional Komodo berkeinginan agar Taman Nasional Komodo tidak hanya dipandang sebagai sebuah destinasi wisata oleh para pelajar di Kabupaten Manggarai Barat, melainkan sebagai identitas sosial diri para generasi mudanya, bahwa dimanapun kelak mereka berada, maka yang paling mengetahui informasi tentang Taman Nasional Komodo adalah generasi muda Manggarai Barat.


Sumber : Balai TN Komodo

Penulis dan Penyunting Berita : Muhammad Ikbal Putera, S.Hut., M.S. (Pengendali Ekosistem Hutan Ahli Muda)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini