Survei Genetik Orangutan Sumatera Temukan Sarang

Selasa, 25 Juli 2023 BBKSDA Sumatera Utara

SM. Siranggas, 25 Juli 2023 - Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui Seksi Konservasi Wilayah I Sidikalang bersama dengan lembaga mitra kerjasama Yayasan Ekosistem Lestari (YEL), selama 10 (sepuluh) hari, dari tanggal 11 s.d 21 Juli 2023, melakukan kegiatan Survei Genetik Orangutan Sumatera (Pongo abelii) di kawasan Konservasi Suaka Margasatwa (SM.) Siranggas dan kawasan Hutan Lindung Batu Ardan.

Selama sepuluh hari pelaksanaan kegiatan survei, Tim menemukan data beberapa sarang orangutan serta data pohon pakan yang sedang berbuah yang merupakan makanan Orangutan Sumatera. Perjumpaan langsung dengan satwa yang sering juga disebut dengan Mawas ini kerap terjadi, namun karena sifat liarnya serta sangat sensitif saat melihat kehadiran Tim, satwa tersebut segera menghindar dan menjauhi lokasi perjumpaan. Sifat liar ini menyebabkan Tim sedikit kesulitan dalam mengambil feses yang akan dijadikan sampel dalam survei genetik Orangutan Sumatera. 

Meskipun jadwal kegiatan survei berakhir, namun Tim akan tetap berusaha untuk mencari dan mendapatkan feses tersebut di kegiatan-kegiatan lainnya. Sebagaimana diketahui, bahwa Orangutan Sumatera merupakan salah satu satwa kunci dan termasuk jenis yang dilindungi oleh undang-undang, sebagaimana diatur dalam  Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor: P.106/MenLHK/Setjen/ Kum.1/12/2018 tentang Jenis Tumbuhan dan Satwa Yang Dilindungi. Keberadaannya saat ini terancam punah, sehingga menjadi tanggung jawab kita bersama untuk dijaga kelestariannya agar terhindar dari kepunahan. 


Sumber : Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Edisuanto Situmorang (TPHL SM. Siranggas) dan Hafsah Purwasih, S.Hut. (Penyuluh Kehutanan Ahli Pertama)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 1

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini