Kebakaran Lahan Mulai Marak, Petugas Tingkatkan Kesiagaan

Selasa, 25 Juli 2023 BBKSDA Sumatera Utara

Arse Nauli, 25 Juli 2023 - Untuk memantau kondisi kawasan Cagar Alam (CA) Dolok Sipirok dari ancaman kebakaran hutan dan lahan, petugas Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui Seksi Konservasi Wilayah V Sipirok melakukan giat Patroli Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan selama 3 hari,  dari tanggal 21 s.d 23 Juli 2023, di Kelurahan Arse Nauli, Kecamatan Arse, Kabupaten Tapanuli Selatan.

Saat patroli, ditemukan adanya bekas bakaran di kebun milik masyarakat di kawasan APL. Kemudian petugas melakukan koordinasi dengan Lurah Arse Nauli dan menghimbau agar mengedukasi masyarakat untuk tidak lagi menggunakan metode pembakaran dalam membersihkan ladangnya.

Patroli berlanjut, kembali ditemukan adanya bekas pembakaran di lahan/ ladang milik warga, Fahmianto Simatupang. Petugas memberi edukasi dan mengingatkan bahwa perbuatannya bisa menimbulkan dampak negatif berupa kerusakan lingkungan, pencemaran (polusi) udara serta penyakit infeksi saluran pernapasan. Oleh karena itu diminta untuk tidak lagi melakukan kegiatan pembakaran lahan. Selain mengedukasi  juga dilakukan pemasangan spanduk larangan membakar hutan dan lahan, di areal kebun milik Fahmianto Simatupang.

Melihat tingginya intensitas kebakaran lahan milik warga untuk tujuan kegiatan perladangan/kebun yang dapat mengancam kawasan konservasi, petugas meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dengan melakukan berbagai kegiatan, seperti patroli pengamanan kawasan, sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat, pemasangan spanduk himbauan dan larangan membakar hutan dan lahan di beberapa titik rawan serta meningkatkan koordinasi dengan berbagai pihak terkait. Penanganan kebakaran hutan dan lahan tidak bisa dilaksanakan sendiri tetapi  membutuhkan sinergitas dari berbagai pihak agar dapat meminimalisir baik peristiwa maupun dampaknya.


Sumber : Dany Roy Putra Sitanggang, S.Hut. (Polhut Ahli Pertama) – Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini