Wakil Gubenur Sumatera Barat Meresmikan Sistem Pendakian Booking Online TWA Pertama di Indonesia

Senin, 24 Juli 2023 BKSDA Sumatera Barat

Senin, 24 Juli 2023 - Bertempat di Sumatera Barat Convention Hall Padang, pembukaan kembali (reaktivasi) Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Marapi dan launching sistem pendakian booking online TWA Gunung Marapi dilakukan.

Acara dihadiri oleh Wakil Gubernur, Bupati Agam beserta jajarannya, Bupati Tanah Datar yang diwakili Assisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kab. Tanah Datar beserta jajarannya, Direktur PT. Semen Padang, BASARNAS, BPPD, Camat Sungai Puar Kab. Agam, Camat Sepuluh Koto Kab. Tanah Datar, Wali Nagari Batu Palano, Koto Baru dan Aia Angek serta para penerima bantuan usaha ekonomi dari tiga kelompok masyarakat dari Pengelola Pendakian Aia Angek, Pengelola Pendakian Koto Baru dan Pengelola Pendakian Batu Palano secara offline dan Direktur PJLKK, bapak DR. Nandang Prihadi, S. Hut. M.Sc. secara online.

Pembukaan kembali (reaktivasi) dilakukan oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat, DR. Ir. H. Joinaldy, S.Pt., M.Sc., MM., IPM., ASEAN.Eng. Dt. Rajo Pasisia Alam dimana dalam  kesempatan ini menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kepala Balai KSDA Sumatera Barat karena telah membuat inovasi baru di Sumatera Barat dan berharap bahwa  pendakian sistem booking online yang merupakan booking online pertama Taman Wisata Alam di Indonesia dapat mendatangkan lebih banyak wisatawan ke daerah Sumatera Barat. Sistem booking online ini didukung penuh oleh pemda dan wali nagari setempat dimana sistem pendakian ini dapat dilakukan melalui tiga pintu yaitu Batu Palano yang terletak di Kabupaten Agam serta Koto Baru dan Aia Angek yang terletak di Kabupaten Tanah Datar.


Kepala Balai KSDA Sumbar, Ardi Andono menyampaikan ucapan terima kasih kepada para pihak yang telah mendukung kegiatan sistem booking online ini, dimana sistem ini bertujuan untuk mempermudah pendataan pengunjung, akuntabilitas pengelolaan pendakian dan mempermudah pengunjung melakukan pendaftaran sehingga akan meningkatkan jumlah wisatawan yang tentunya akan meningkatkan pendapatan bagi negara maupun masyarakat sekitar. Aplikasi ini di bangun berkat dukungan PT. Semen Padang melalui kerjasama dengan Balai KSDA Sumatera Barat.

Sebelum acara ditutup dilakukan penyerahan bantuan secara simbolis kepada dua kelompok penerima bantuan pengembangan ekonomi masyarakat yaitu kelompok Pengelola Pendakian Aia Angek dan kelompok Pengelola Pendakian Koto Baru.

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini