Peses Orangutan Tapanuli Untuk Survei Genetik

Senin, 24 Juli 2023 BBKSDA Sumatera Utara

Desa Bulumario, 24 Juli 2023 - Dalam rangka mengumpulkan informasi genetik dari beberapa individu orangutan, Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui Seksi Konservasi Wilayah V Sipirok bersama dengan lembaga mitra kerjasama Yayasan Ekosistem Lestari (YEL) melakukan pengambilan sampel peses orangutan khususnya di wilayah sebaran populasi Kawasan Ekosistem Batangtoru. Giat ini dilakukan selama 10 hari  dari tanggal 11-20 Juli 2023.

Hasilnya pada Sabtu, 15 Juli 2023, Tim menemukan satu individu Orangutan Tapanuli (Pongo tapanuliensis) dewasa, jenis kelamin betina, umur diperkirakan 11 tahun, di Desa Bulumario, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan, tepatnya di areal kawasan APL. Perjumpaan ini menjadi istimewa,  karena Tim berhasil mendapatkan peses satwa yang kerap juga disebut dengan mawas. Sesuai dengan prosedur yang ditentukan, akhirnya pengambilan peses berjalan dengan lancar.

Selanjutnya, pada Kamis, 20 Juli 2023, sampel peses orangutan pun dititipkan sementara di kantor Seksi Konservasi Wilayah V Sipirok sebelum nantinya dilakukan tindak lanjut penanganannya. Semoga melalui sampel peses Orangutan Tapanuli ini, kelak bermanfaat dalam pemenuhan kebutuhan akan informasi genetik dari satwa liar yang termasuk jenis dilindungi ini.


Sumber : Mahdin Oloan Situmorang – Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini