Cagar Alam Dolok Saut Kaya Ragam Kehati

Kamis, 20 Juli 2023 BBKSDA Sumatera Utara

Pansur Natolu, 20 Juli 2023 - Cagar Alam (CA) Dolok Saut, secara administrasi pemerintahan berada di Desa Pansur Natolu, Kecamatan Pangaribuan, Kabupaten Tapanuli Utara. Terletak pada ketinggian 1.280 s/d 1.360 mdpl. Penunjukkan kawasan konservasi CA. Dolok Saut adalah untuk melestarikan keberadaan pinus merkusii yang merupakan jenis pohon asli Indonesia. Selain itu terdapat beberapa jenis tumbuhan lain, seperti Anturmangan (Casuarina sumatrana), Hapas hapas (Exbuclandia populnea RW), Sihondung dan Hoting (Lithocarpus Spp).

Pada Jumat, 14 Juli 2023, petugas Resort CA Dolok Saut bersama dengan petugas Seksi Konservasi Wilayah IV Tarutung melakukan giat patroli rutin di kawasan konservasi CA. Dolok Saut. Dalam giat patroli tersebut petugas melakukan perjumpaan langsung dengan satwa liar jenis  Siamang (Shymphalangus syndactylus) yang berada  di atas pohon Hoting (Lithocarpus Spp.) sedang melintas disekitar kawasan konservasi CA Dolok Saut. Disamping itu juga ditemukan Ihan Batak dan kepiting sungai berwarna merah di sungai yang berada di dalam kawasan.

Petugas mencoba menggali informasi dan keterangan  dari masyarakat yang sedang berladang di luar kawasan CA. Dolok Saut. Warga menyampaikan kerap mendengar adanya suara-suara satwa di sekitar kawasan CA. Dolok Saut.  Tentunya ini kabar baik, bahwa kawasan CA. Dolok Saut sampai saat ini masih menjadi rumah yang layak dan nyaman bagi beragam keanekaragaman hayati, serta  masih tingginya kesadaran maupun kepedulian warga untuk menjaga dan melindungi kawasan konservasi tersebut. 

Petugas memberi apresiasi dan  berharap agar masyarakat selain ikut menjaga  juga menghindari aktivitas ataupun kegiatan yang dapat mengancam kehidupan satwa liar di dalam kawasan, seperti pemasangan jerat dan berburu. Karena perbuatan tersebut selain membahayakan bagi kehidupan satwa liar juga merupakan perbuatan yang melanggar ketentuan perundang-undangan yang berlaku. 


Sumber : Sahat Tua Berutu, A.Md. (Polhut Terampil) – Balai Besar KSDA Sumatera Utara


Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini