Penguatan Kelompok Mitra Pariwisata TWA Pulau Kembang yang Tangguh

Selasa, 18 Juli 2023 BKSDA Kalimantan Selatan

Barito Kuala, 12 Juli 2023 – Sebagai bentuk komitmen dalam meningkatkan kapasitas kelembagaan Kelompok Mitra Pariwisata Konservasi TWA Pulau Kembang, Balai KSDA Kalimantan Selatan kembali melaksanakan kegiatan pendampingan kepada Kelompok Mitra Pariwisata TWA Pulau Kembang. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa, 11 Juli 2023 bertempat di TWA Pulau Kembang.  Kelompok Mitra Pariwisata TWA Pulau Kembang dalam menjalankan kegiatan pariwisata di TWA Pulau Kembang tentunya mengalami berbagai dinamika, baik di sektor kelembagaan maupun sektor pengelolaan pariwisata. Atas dinamika tersebut maka Balai KSDA Kalimantan Selatan selaku pengelola Kawasan TWA Pulau Kembang dan Pembina dari kelompok tersebut berkewajiban melaksanakan pembinaan dan penguatan terhadap kelompok tersebut. Hadir pada kesempatan ini Kepala Balai KSDA Kalimantan Selatan, Dr. Ir. Mahrus Aryadi, M.Sc., didampingi Kepala Seksi Konservasi Wilayah II, Mokh. Ridwan Effendi, S.Hut., M.Si. dan Kepala Resort TWA Pulau Kembang, Rian Prakosa Wijaya, S.Hut. Ada 21 anggota kelompok yang hadir pada kegiatan dimaksud.

Kepala Balai menyampaikan bahwa kegiatan kerjasama dalam pengelolaan pariwisata di TWA Pulau Kembang hendaknya memberikan manfaat bagi kedua belah pihak, dimana kelompok mitra memberikan manfaat bagi pengunjung dalam memandu perjalanan wisata di TWA Pulau Kembang, dan pengunjung juga memberikan manfaat bagi pemandu dan satwa di TWA Pulau Kembang melalui pemberian pakan kepada satwa di TWA Pulau Kembang.

Sebagai salah satu upaya pelestarian TWA Pulau Kembang, Balai KSDA Kalimantan Selatan menerapkan kebijakan untuk mengurangi sampah plastik di TWA Pulau Kembang. Hal ini diupayakan dengan mengubah kemasan makanan (kacang) yang semula menggunakan bungkus plastik menjadi menggunakan bungkus kertas. Upaya ini tentunya menimbulkan sedikit riak-riak kecil baik dari pihak pengunjung maupun pihak kelompok. Mengatasi hal tersebut, Balai KSDA Kalimantan Selatan akan menerapkan penyortiran barang bawaan pengunjung dan menyediakan tempat non plastik seperti “bakul” (terbuat dari tanaman purun) untuk membawa barang bawaan pengunjung. Kelompok juga diharapkan peran sertanya berupa mengingatkan pengunjung untuk mengurangi penggunaan kantong plastik. Selain itu pemasangan papan himbauan pengurangan sampah plastik di pasang di seputar TWA Pulau Kembang.


Kelompok sebagai mitra pariwisata menyambut baik upaya Balai KSDA Kalimantan Selatan dalam mengurangi sampah plastik di TWA Pulau Kembang dan bersedia mendukung kebijakan tersebut. Sejumlah pertanyaan muncul dari kelompok dimana mereka meminta kejelasan dalam pelaksanaan upaya pengurangan sampah plastik ini. Mereka berharap dengan penerapan kebijakan pengurangan sampah plastik ini menjadikan TWA Pulau Kembang menjadi lebih bersih dan asri. Pelarangan bahan plastik masuk dalam kawasan TWA Pulau Kembang merupakan komitmen bersama yang harus dimulai dari sekarang.


Sumber : Balai KSDA Kalimantan Selatan

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini