Road to HKAN : SMART Patrol SPTN I Sebagai Implementasi RBM

Kamis, 13 Juli 2023 BTN Gunung Merapi

Sleman, 13 Juli 2023 - Perlindungan dan pengamanan kawasan Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM), harus dilaksanakan secara kontinyu.  Dan untuk peningkatan perlindungan dan pengamanan tersebut, khususnya untuk wilayah Resort Pengelolaan Taman Nasional (RPTN) Pakem Turi dan Cangkringan, perlu dilaksanakan SMART Patrol tingkat Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN). SMART Patrol ini dilaksanakan berdasarkan masukan, kondisi kawasan mana yang memerlukannya. SMART Patrol ini dilaksanakan pada tanggal 11 – 13 Juli 2023. 

Lokasi SMART Patrol dilaksanakan di 3 (tiga) lokasi, yaitu Turgo, Tritis dan Klangon. Di ketiga lokasi tersebut dilakukan pengecekan pal batas, sosialisasi terhadap masyarakat yang dijumpai untuk tidak memasuki kawasan TNGM, serta pengecekan lokasi yang rawan pencurian burung. 

“SMART Patroli dilaksanakan sebagai implementasi dari Resort Based Management, sebagai upaya pengumpulan data informasi yang akurat dan kehadiran pengelola kawasan di tingkat tapak,” hal ini disampaikan Muhammad Wahyudi, Kepala Balai TNGM, dalam kesempatan terpisah. Dari sisi perlindungan dan pengamanan, SMART Patrol merupakan upaya pre emtif (mencegah niat) dan preventif (mencegah pelaksanaan niat) terjadinya pelanggaran/kejahatan di dalam kawasan, pungkas Wahyudi. 

Kegiatan belajar di alam ini merupakan rangkaian kegiatan Road to HKAN 2023.  Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) 2023 dengan tema Hapungkal Himba Karingu atau Jiwa Yang Damai Dalam Harmoni Hutan Belantara.   Puncak HKAN akan dilaksanakan di TWA Bukit Tangkiling Provinsi Kalimantan Tengah.


Sumber : Balai TN Gunung Merapi

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini