Road to HKAN : Kelompok Binaan TNGM Belajar Pengemasan dan Pemotretan Produk

Senin, 10 Juli 2023 BTN Gunung Merapi

Sleman, 7 Juli 2023 - Pada hari Jum’at di Gallery Acacia Ecoprint, Dusun Turgo, Desa Purwobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Balai Taman Nasional Gunung Merapi (BTNGM) melakukan pendampingan kepada kelompok masyarakat desa penyangga. Kelompok tersebut adalah kelompok kreatif Acacia, Kelompok Turgo Merapi dan Pemudi Turgo. 

Pendampingan ini dimaksudkan sebagai upaya peningkatan kapasitas kelompok, berupa pelatihan pengemasan produk ecoprint dan teknik pengambilan foto produk. Dalam kesempatan ini, dihadirkan UMKM Coconutree Souvenir Yogyakarta sebagai narasumber. 

Peserta yang berjumlah 13 (tiga belas) orang tersebut mendapatkan penjelasan secara rinci terkait cara mengemas produk ecoprint. Beberapa cara yang mudah dilakukan oleh masyarakat tanpa membutuhkan modal yang banyak dan peralatan yang sederhana yaitu dengan menyulap kain hasil ecoprint menjadi sampul buku ataupun scrunchie. Tidak hanya mendapatkan penjelasan secara lengkap, peserta kegiatan pun langsung mempraktikan teknik pembuatan sampul buku dan scrunchie tersebut. 

Dalam pelatihan tersebut, peserta juga diajak untuk belajar mengambil foto produk ecoprint yang telah dibuat. Foto produk tersebut nantinya dapat digunakan sebagai media marketing baik secara daring maupun secara langsung. Pengambilan foto produk pun dilakukan tanpa mengunakan kamera yang canggih, akan tetapi cukup dengan menggunakan ponsel pintar yang umum dimiliki masyarakat. Teknik pengambilan foto tersebut tidak hanya meliputi teknik fotografi tetapi juga teknik tata letak sesuai dengan kaidah estetika. 

Selain untuk meningkatkan kapasitas anggota kelompok, pendampingan ini bertujuan untuk meningkatkan nilai tambah serta untuk meningkatkan penjualan produk ecoprint yang dibuat oleh masyarakat. Produk ecoprint dapat menjadi salah satu sumber pendapatan alternatif bagi masyarakat. 

Dalam kesempatan terpisah, Muhammad Wahyudi, Kepala Balai TNGM, menyampaikan, semoga dengan adanya pelatihan ini, kelompok masyarakat binaan kami dapat mengembangkan usaha ekonomi produktif yang berkontribusi pada peningkatan pendapatan keluarga, dan mengurangi ketergantungan terhadap kawasan konservasi.

Kegiatan relokasi  pelatihan kelompok masyarakat ini merupakan rangkaian kegiatan Road to HKAN 2023.  Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) 2023 dengan tema "Hapungkal Himba Karingu atau Jiwa Yang Damai Dalam Harmoni Hutan Belantara". Puncak HKAN akan dilaksanakan di TWA Bukit Tangkiling Provinsi Kalimantan Tengah.


Sumber : Balai TN Gunung Merapi

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini