Petugas Temukan Karhutla Tak Jauh Dari CA. Martelu Purba

Selasa, 27 Juni 2023 BBKSDA Sumatera Utara

Purba Tongah, 27 Juni 2023 - Sesuai instruksi dan arahan Kepala Balai Besar KSDA Sumatera Utara kepada seluruh jajaran lingkup Balai Besar KSDA Sumatera Utara untuk mengawasi dan mengamankan kawasan konservasi dari adanya kebakaran hutan dan lahan (karhutla), ditindaklanjuti oleh petugas Resort Cagar Alam (CA) Martelu Purba pada Seksi Konservasi Wilayah III Kisaran, Bidang KSDA Wilayah II Pematangsiantar, dengan melakukan patroli pencegahan kebakaran hutan di CA Martelu Purba, pada Senin, 26 Juni 2023, tepatnya di Desa Purba Tonga, Kabupaten Simalungun. 

Giat patroli ini dilaksanakan bersama dengan mahasiswa PKL dari Universitas Sumatera Utara (USU), dan hasilnya ditemukan areal bekas kebakaran seluas 18 m2 (di dua lokasi) di kawasan hutan lindung yang ditumbuhi semak, sekitar 20 meter dari pal batas kawasan CA. Martelu Purba. Diperkirakan peristiwa kebakaran ini terjadi pada  Minggu, 25 Juni 2023, dan dugaan sementara akibat kegiatan pembersihan lahan dari tumbuhan semak oleh warga.

Upaya tindak lanjut yang dilakukan oleh petugas Resort CA Martelu Purba bersama dengan mahasiswa  adalah berjaga di lokasi kebakaran serta memberikan penyuluhan kepada warga tentang bahaya atau dampak dari kebakaran hutan dan lahan. Kemudian petugas juga melakukan koordinasi dengan jajaran Pangulu (pemerintahan desa) Purba Tongah untuk ikut mengawasi serta mengedukasi warga agar tidak melakukan aktifitas pembakaran baik lahan maupun kawasan hutan, termasuk kawasan CA. Martelu Purba, karena perbuatan tersebut melanggar ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. 

Memperhatikan peringatan dini dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang memprediksi dalam tahun 2023 akan terjadi musim kemarau lebih kering dari biasanya atau sering disebut dengan fenomena El-Nino, yang berpotensi menjadi penyebab terjadinya bencana karhutla lebih tinggi lagi, sehingga memerlukan perhatian yang serius agar peristiwa tersebut dapat dicegah atau diminimalisir. Petugas Resort CA Martelu Purba, sesuai dengan arahan Kepala Balai Besar KSDA Sumatera Utara, akan terus memantau keberadaan kawasan dan menjalin komunikasi serta  koordinasi dengan berbagai pihak.


Sumber : Al Haris Ruhidi, SP., M.Si. (Kepala Resort CA. Martelu Purba) – Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini