Pemulihan Ekosistem Bersama Dengan Masyarakat, Dari Pembuatan sampe Penginstalan Rangka

Senin, 19 Juni 2023 Balai TN Taka Bonerate

Kepulauan Selayar, 19 Juni 2023 - Banyak hal yang bisa merusak kehidupan terumbu karang, yang salah satunya diakibatkan oleh ulah manusia dan alam itu sendiri, maka perlu dilakukan Pemulihan Ekosistem.

Taman Nasional Taka Bonerate pemulihan ekosistem ini pun dilakukan bersama-sama dengan masyarakat setempat. Sebagai contoh di resor Lantigiang, Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah 2 Jinato ini.

Personil Resor bersama dengan Masyarakat Mitra Polhut (MMP) desa Jinato melakukan Pemulihan Ekosistem dengan cara Transplantasi Karang menggunakan metode Spider Mars.

Mulai dari pembuatan hingga instalasi rangkanya dikerjakan bersama dengan masyarakat. Pembuatan rangka besi dipesan dari Desa Khusus Pasitallu oleh Kelompok Lolo Bajo sebab disanalah salah satu pemberdayaan masyarakat bidang usaha perbengkelan/pengelasan.

"Untuk rangka kami serahkan ke kelompok masyarakat Lolo Bajo desa Khusus Pasitallu," jelas Kepala Seksi PTN Wilayah 2 Jinato Muh. Hidayat

Tahun ini rangka yang dibuat untuk Zona Rehabilitasi di Pulau Jinato berjumlah 400 buah

"Kami buat ada 400 rangka, hingga saat ini sudah terinstal di bawah Laut 315 rangka," jelas ketua kegiatan Nur Kholis - PEH Pertama

Menjadi harapan dengan pelibatan masyarakat bertujuan untuk meningkatkan rasa kepedulian menjaga lingkungan sekitarnya dan tentu saja meningkatkan kemandirian, pemberdayaan masyarakat, dan kemitraan dalam penguatan fungsi dalam pengelolaan TN Taka Bonerate.


Sumber : Balai TN Taka Bonerate

Teks & Foto : Asri - Humas,  Nur Kholis - Peh Pertama, Andi Bahtiar - MMP Desa Jinato

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini