Balai Besar Tana Bentarum Fasilitasi Penerimaan Peserta Didik Baru SMK Kehutanan Negeri Samarinda

Sabtu, 10 Juni 2023 Balai Besar TN Betung Kerihun dan Danau Sentarum

Putussibau, 9 Juni 2023 - Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (Tana Bentarum) memfasilitasi kegiatan Seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMK Kehutanan Negeri Samarinda tahun ajaran 2023/2024 di Kabupaten Kapuas Hulu.

SMK Kehutanan Negeri Samarinda atau sebelumnya dikenal dengan nama Sekolah Kehutanan Menengah Atas (SKMA) adalah lembaga pendidikan formal tingkat menengah kejuruan yang bertujuan menyiapkan peserta didik dalam mendukung pembangunan kehutanan. SMK Kehutanan Negeri Samarinda diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan Nasional.

Tahun 2023 SMK Kehutanan Negeri Samarinda membuka peluang untuk 108 calon siswa tahun ajaran 2023/2024 dengan komposisi 50% jalur khusus seperti peserta yang berasal dari desa penyangga kawasan konservasi dan 50% peserta jalur reguler/umum.

Sejak tahun 2014 SMK Kehutanan Samarinda telah memberikan kesempatan program beasiswa ikatan dinas untuk calon siswa dan siswi di Kabupaten Kapuas Hulu yang tertarik dan berminat untuk melanjutkan Sekolah Menengah Atas khususnya di Bidang Kehutanan. Peningkatan peminat terlihat sejak tahun 2016 hingga sekarang yang menunjukkan peminat semakin meningkat setiap tahunnya.

Pada tahun 2023 Tim penyeleksi menerima sebanyak 45 berkas peserta yang mendaftar dari Kabupaten Kapuas Hulu, namun yang lolos administrasi sebanyak 18 berkas peserta. Seluruh peserta telah mengikuti rangkaian seleksi dengan baik dan benar.

Seleksi PPDB yang berlangsung selama 4 hari berturut-turut mulai dari tanggal 5 Juni s.d 8 Juni 2023 ini terdiri atas beberapa seleksi, baik berupa seleksi kesehatan yang dilakukan di Rumah Sakit Diponegoro Putussibau, seleksi tertulis, psikotes, dan seleksi wawancara dilaksanakan di Aula Kantor Balai Besar Tana Bentarum, serta seleksi fisik dan anatomi yang dilakukan di Gor Uncak Kapuas.

“Melihat dari antusiasme masyarakat desa penyangga konservasi, kami sangat mendukung dan bersedia menyiapkan SDM yang berkualitas guna mendukung program pemerintah dalam melestarikan daerah penyangga konservasi” Isnan, Tim Penyeleksi PPDB.

“Kami berharap anak-anak kami dapat menjadi bagian dari SMK Kehutanan Samarinda, untuk bisa menyerap ilmu-ilmu dan sebagai bekal generasi kami dalam menjaga hutan agar tetap lestari” ucap salah satu orang tua casis.


Sumber : Balai Besar TN Betung Kerihun dan Danau Sentarum


Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini