Management Effectivenes Tracking Tools (METT) TNGGP Raih Nilai 76,77

Rabu, 07 Juni 2023 Balai Besar TN Gunung Gede Pangrango

Cianjur, 6 Juni 2023 - Bertempat di Palace Hotel Cianjur Cipanas diselenggarakan Focus Grup Discussion (FGD) Penilaian Efektivitas Pengelolaan Kawasan Konservasi tahun 2023. Peserta yang hadir berjumlah 50 orang terdiri dari berbagai pihak antara lain Pemerintah Daerah, Aparat Penegak Hukum, Lembaga Pendidikan, Pemegang PB PSWA, PB PJWA, Volunteer, Kelompok Tani Hutan (KTH) dan Pejabat Struktural lingkup Balai Besar TN Gunung Gede Pangrango (BBTNGGP). Turut serta sebagai fasilitator Evi Indraswati (PILI) dan moderator Usep Suparman (RCS).

Acara dibuka secara langsung oleh Sapto Aji Prabowo, Kepala Balai Besar TNGGP dan dilanjutkan dengan pemaparan materi tentang Pengelolaan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Beberapa hal disampaikan Sapto, yang menekankan pentingnya penilaian secara obyektif terhadap variabel-variabel untuk efektivitas pengelolaan kawasan konservasi khususnya di TNGGP pada saat ini dan masa yang akan datang.

Agenda utama pembahasan dipandu oleh lead fasilitator dengan mekanisme peserta dibagi kedalam 3 (tiga) kelompok dan didampingi oleh co fasilitator, dimana hasilnya diperoleh nilai efektivitas pengelolaan TNGGP tahun 2023 sebesar 76,77 yang terdiri: context (100%), planning (90%), input (50%), process (79%), outputs (50%), dan outcomes (100%). Hal tersebut menunjukkan bahwa masih terdapat beberapa variabel yang masih membutuhkan perbaikan dan optimalisasi guna meningkatkan efektivitas pengelolaan kawasan konservasi. 

Dengan adanya kegiatan hari ini menjadi bukti nyata bahwa pihak pengelola Taman Nasional Gunung Gede Pangrango melakukan upaya yang sungguh-sungguh dalam rangka mencapai pengelolaan taman nasional yang lebih baik.


Sumber : Balai Besar TN Gunung Gede Pangrango

Teks : Agus Deni (@agustdenie)

Foto : Tim Publikasi BBTNGGP

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini